Cen Sui Lan Resmikan Penggunaan Irigasi Senilai Rp 25 Miliar di Desa Panggak Darat Lingga

Cen Sui Lan Resmikan Penggunaan Irigasi Senilai Rp 25 Miliar di Desa Panggak Darat Lingga

Anggota DPR RI, Cen Sui Lan saat meresmikan penggunaan irigasi senilai Rp 25 miliar di Desa Panggak Darat.

Lingga, Batamnews - Cen Sui Lan , Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau ( Kepri ), telah meresmikan penggunaan irigasi senilai Rp 25 miliar di Desa Panggak Darat , Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga , pada Selasa (16/5/2023) .

Peresmian ini ditandai dengan pembukaan pintu air irigasi induk. Hadir juga Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV (Kepri) Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR, Anggota DPRD Lingga seperti Sui Hiok dan Said Agus Marli, kemudian Camat Lingga dan Kades Panggak Darat.

Dalam sambutannya, Cen Sui Lan mengungkapkan bahwa irigasi yang berfungsi dengan baik ini akan meningkatkan hasil panen padi dan palawija para petani. Pembangunan irigasi Panggak Darat juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lingga.

Baca juga: Cen Sui Lan Resmikan Jembatan Gantung Kerandin-Pekaka Senilai Rp 7 Miliar

"Serta memicu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lingga," ujar Cen Sui Lan saat memberikan sambutan pada peresmian penggunaan irigasi induk di Panggak Darat tersebut

Cen Sui Lan, yang juga Anggota DPR RI Terpopuler dari Fraksi Golkar ini menjelaskan bahwa program pembangunan irigasi ini adalah usulan dari Muhammad Nizar, Bupati Lingga, dan ditindaklanjuti oleh Cen Sui Lan kepada Menteri PUPR RI, Basuki Hadi Mulyono.

"Kita anggarkan dalam Multi Years Contract (MYC) tahun anggaran 2022 dan tahun anggaran 2023," sebut Cen.

Selain berfungsi untuk pertanian, Cen juga menjelaskan bahwa irigasi di Kabupaten Lingga ini akan menjadi objek wisata yang memiliki estetika. Kawasan irigasi ini akan ditata dengan baik sehingga bisa menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Lingga.

Baca juga: Cen Sui Lan Bawa Program Unggulan Menarik saat Kunker ke Lingga: BSPS, KJA hingga PIP

"Anggaran Rp 25 miliar itu juga kita gunakan juga untuk memperindah kawasan tersebut. Sehingga juga sebagai destinasi wisata baru di Kabupaten Lingga," jelas Cen Sui Lan, yang juga menjabat sebagai Penasehat IKA Lemhannas Provinsi Kepri ini.

Pada tahun 2023 ini, proses pengerjaan fungsi estetika hiasan Panggak Darat sebagai fungsi destinasi wisata baru dimulai oleh pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) IV Sumatera Ditjen SDA Kementerian PUPR.

Selanjutnya, pada anggaran tahun 2024, Cen Sui Lan meminta kepada Muhammad Nizar selaku Bupati Lingga untuk menyusun program fisik pasca program agar dapat bersama-sama membina masyarakat.

“Dengan demikian, fungsionalitas sebagai irigasi dan fungsional sebagai destinasi wisata, dapat terwujud. Agar dapat menghidupkan masyarakat ekonomi di sekitar kawasan tersebut,” harapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews