Presiden Jokowi Tiba di AS untuk Bertemu Presiden Biden Bicarakan Masalah Gaza, Palestina

Presiden Jokowi Tiba di AS untuk Bertemu Presiden Biden Bicarakan Masalah Gaza, Palestina

Presiden Joko Widodo beserta rombongan mendarat di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat. (Foto: Biro Pers Setpres)

Jakarta, Batamnews - Presiden Joko Widodo telah tiba di Amerika Serikat untuk kunjungan resmi yang melibatkan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. 

Kedatangan Jokowi di Washington DC mendapat sambutan tinggi, dijemput oleh kendaraan mewah yang biasa digunakan untuk kalangan VIP.

Perjalanan Jokowi dimulai dari Riyadh, Arab Saudi, menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA-1. Pesawat Boeing 777-3U3ER dengan nomor registrasi PK-GIG itu mendarat di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, pada Minggu, 12 November 2023, sekitar pukul 16.20 waktu setempat atau Senin, 13 November 2023 pukul 04.20 WIB, setelah perjalanan selama kurang lebih 15 jam.

Baca juga: Mie Lendir Tanjungpinang: Nikmatnya Kelezatan Sarapan Pagi yang Bertahan Sejak 1967

Saat turun dari pesawat, Presiden Jokowi disambut oleh Penjabat Kepala Protokol Amerika Serikat Ethan Rosenzweigh, Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia Sung Kim, Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani, dan Atase Pertahanan KBRI Washington DC Marsma TNI Tjahya Elang Migdiawan.

Agenda utama kunjungan ini adalah pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC. Presiden Jokowi melihat kesempatan ini sebagai platform untuk menyuarakan posisi tegas Indonesia terkait situasi di Gaza.

"Kunjungan ini juga merupakan kesempatan baik untuk langsung menyampaikan hasil KTT OKI di Riyadh yang mencerminkan solidaritas negara-negara OKI untuk membela keadilan dan kemanusiaan," ujar Presiden Jokowi.

Baca juga: Piala Dunia U-17, Satu Negara Mundur Kini Grup E Hanya Tersisa Lima Negara

Sebelumnya, Jokowi juga menjalani pertemuan bilateral dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). 

Dalam pertemuan tersebut, keduanya sepakat untuk terus bekerja sama menyelesaikan masalah di Gaza dan mendukung perjuangan bangsa Palestina, termasuk dalam mewujudkan kemerdekaan Palestina.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews