Pegawai Pemprov Riau Kumpulkan Donasi Nyaris Rp 1 Miliar untuk Palestina

Pegawai Pemprov Riau Kumpulkan Donasi Nyaris Rp 1 Miliar untuk Palestina

Plt Gubernur Riau, Edy Natar Nasution (tengah) didampingi Sekdaprov Riau, SF Hariyanto (kiri), secara simbolis menyerah donasi kemanusiaan untuk Palestina kepada Ketua Baznas Provinsi Riau, Masriadi Hasan, di Masjid Raya Annur, Jumat (10/11/2023) .

Pekanbaru, Batamnews - Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai honorer di lingkup pemerintahan Provinsi (Pemprov) Riau beramai-ramai mengumpulkan dana donasi kemanusiaan untuk Palestina. Total uang yang dikumpulkan mencapai Rp900 juta. 

Hasil donasi ini berasal dari pegawai yang berkerja di 44 Dinas atau organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau. Di mana infak yang diberikan setiap pegawai jumlahnya bervariasi, sesuai niat dan keihklasan terbaik. 

Dari setiap OPD, total donasi pegawai yang terkumpul bisa mencapai belasan juta rupiah, hingga ratusan juta rupiah. Kemudian, dana bantuan itu, dikumpulkan dan diserahkan kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau. 

Penyerahan donasi tersebut diserahkan oleh Plt Gubernur Riau, Brigjen TNI (purn), Edy Natar Nasution didampingi Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto kepada Baznas Provinsi Riau.

Baca juga: Jelajahi 5 Tempat Nongkrong Paling Hits di Kota Batam saat Malam Minggu

Donasi diserahkan saat acara Tabligh Akbar dan Penggalangan Dana untuk Palestina bersama Ustad Abdul Somad (UAS) di Masjid Raya Annur Provinsi Riau, Jalan Hang Tuah, Pekanbaru, Riau, Jumat, 10 November 2023 malam.

Plt Gubri Edy Nasution mengatakan, bahwa seluruh dana sumbangan yang terkumpul di Baznas Riau akan diserahkan ke Baznas pusat untuk diteruskan ke Palestina.

"Seluruh sumbangan nanti akan dikumpulkan oleh Baznas dan selanjutnya diserahkan langsung untuk saudara-saudara kita di Palestina," katanya. 

Sumbangan yang terkumpul di Baznas Provinsi Riau tidak hanya dari pegawai Pemprov Riau saja. Namun, juga berasal dari Baznas 12 kabupaten dan kota di Riau, organisasi dan perorangan.

"Yang dikumpulkan bukan hanya di Pekanbaru. Donasi yang hari ini masuk mulai dari 12 kabupaten/kota se-Riau. Ada Baznas, masjid, lembaga. Bahkan, ada ibu-ibu wirid ikut menghimpun dana dengan tujuan meringankan beban saudara di Palestina," kata Ketua Baznas Riau, Masriadi Hasan.

Baca juga: Jamselinas XII Batam Catatkan Rekor Peserta Mancanegara Terbanyak

"Namun, jumlah ini akan terus bertambah sebab penggalangan dana akan terus berlangsung hingga akhir November 2023 mendatang," sambungnya.

Saat acara tabligh akbar dan penggalangan dana untuk Palestina di Masjid Raya Annur, UAS melepaskan 2 cincin kesayangannya untuk dilelang. 1 cincin berhasil dilelang kepada warga Inhil senilai Rp100 juta. Kemudian, 1 cincin lagi berhasil dilelang kepada warga Dumai Rp150 juta. 

Masriadi Hasan menjelaskan, jika ada masyarakat yang ingin berdonasi, Infaq atau sedekah dapat disalurkan melalui Transfer Rekening BRK Syariah 101-11-05992 atas nama Badan Amil Zakat Provinsi Riau. 

"Dimohon untuk mencantumkan angka '10' di akhir nominal transfer. Misalnya Rp1.000.010. Sedangkan konfirmasi sedekah melalui layanan Baznas: 0823 8698 1266," tandasnya. (Adv)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews