Ini Langkah Gubernur Kepri Meningkatkan Pertanian dan Ketahanan Pangan di Kabupaten Karimun

Ini Langkah Gubernur Kepri Meningkatkan Pertanian dan Ketahanan Pangan di Kabupaten Karimun

Gubernur Ansar secara resmi menyerahkan berbagai bantuan pertanian dan peternakan kepada masyarakat Dusun Taelong

Karimun, Batamnews, Advertorial - Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Karimun pada hari Senin, 18 September 2023. 

Dalam kunjungan ini, Gubernur Ansar secara resmi menyerahkan berbagai bantuan pertanian dan peternakan kepada masyarakat Dusun Taelong, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun.

Bantuan pertanian yang diserahkan kepada 20 kelompok tani ini mencakup 80 sachet benih cabai merah, 235 sachet benih cabai merah besar, 1.500 Kg pupuk NPK, 100 liter pupuk organik cair, 60 roll Media Tanam Plastik Mulsa, 8.960 Kg Pupuk Organik untuk tanaman Durian, 1.600 Kg Pupuk NPK untuk tanaman Durian, serta 4.500 Kg Dolomit untuk tanaman Durian. 

Selain itu, ada bantuan peternakan berupa 16 ekor bibit sapi betina dan 2 ekor bibit sapi jantan.

Baca juga: Perdana Memimpin Apel Rutin, Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith Ajak ASN Menuju Masa Depan Lebih Cemerlang

Dalam pidato singkatnya, Gubernur Ansar menyatakan harapannya bahwa bantuan ini akan menginspirasi petani setempat dan meningkatkan kualitas pertanian di Kundur, sehingga daerah ini dapat menjadi sentral pertanian yang berkontribusi pada peningkatan produktivitas dan kemandirian petani di Kabupaten Karimun.

Lebih lanjut, Gubernur Ansar Ahmad menekankan komitmen Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dalam mengembangkan produk pertanian alternatif seperti sorgum dan ubi sebagai langkah untuk mengurangi ketergantungan pada beras. 

Hal ini diharapkan dapat menjaga ketahanan pangan dan mencegah inflasi pangan di Kepulauan Riau.

"Saya yakin bahwa bantuan ini juga akan memberikan manfaat signifikan bagi para petani Kundur, menciptakan kondisi yang lebih baik, dan menjadi salah satu cara dalam membantu mengontrol inflasi pangan di Kepulauan Riau," ujarnya.

Baca juga: Rasakan Kelezatan Otak-Otak Tulang di Sei Enam Laut, Destinasi Kuliner Terbaik di Bintan!

Gubernur Ansar Ahmad menutup sambutannya dengan menegaskan pentingnya ketersediaan bahan pangan dari pertanian di Kepulauan Riau dan komitmennya untuk terus mendukung hal tersebut. 
"Kita ingin memastikan di Kepulauan Riau semua ketersediaan bahan pangan dari pertanian bisa terpenuhi, juga kita menjaga agar inflasi bisa terus ditekan dengan menjamin tersedianya kebutuhan pokok," tutupnya.

Bupati Kabupaten Karimun, Aunur Rofiq, juga turut mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. 

Beliau yakin bahwa bantuan ini akan membantu kelompok tani di Kabupaten Karimun untuk meningkatkan produktivitas pertanian mereka, serta menjadikan daerah ini lebih mandiri dalam hal pangan.

"Kami yakin bahwa bantuan yang diberikan oleh pemerintah provinsi dapat kami manfaatkan secara maksimal untuk mencapai kemandirian pangan di Kabupaten Karimun," kata Aunur Rofiq.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, antara lain Kepala Biro Adpim Doddy, Kepala Biro Kesra Kepri Aiyub, Kepala Dinas ESDM Kepri Darwin, Kepala Dinas Pendidikan Kepri Andi Agung, serta tim percepatan pembangunan Kepri Suyono. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews