Operasi Patuh Seligi 2023 di Anambas, Polisi Siap Tekan Pelanggaran Lalu Lintas

Operasi Patuh Seligi 2023 di Anambas, Polisi Siap Tekan Pelanggaran Lalu Lintas

Polres Kepulauan Anambas menggelar kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Seligi Tahun 2023 di Lapangan Apel Polres, Senin (10/7/2023). (Foto: dok.Polres Anambas)

Anambas, Batamnews - Polres Kepulauan Anambas menggelar kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Seligi Tahun 2023 di Lapangan Apel Polres, Senin (10/7/2023). Apel ini dipimpin oleh Kapolres Kepulauan Anambas, AKBP Apri Fajar Hermanto dan dihadiri oleh berbagai pejabat penting, termasuk perwakilan dari TNI dan instansi terkait.

Dalam amanatnya, Kapolres Kepulauan Anambas, AKBP Apri Fajar Hermanto, menyampaikan pentingnya pelaksanaan Operasi Patuh Seligi Tahun 2023 secara serentak di seluruh wilayah. Dengan tema "Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa," operasi ini bertujuan untuk mengatasi masalah lalu lintas yang semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan kendaraan bermotor dan populasi penduduk.

Baca juga: Bek Timnas Argentina Nicolas Tagliafico Nikmati Liburan Romantis di Kepulauan Anambas

"Operasi Patuh Seligi tahun ini akan berlangsung selama 14 hari, mulai dari tanggal 10 hingga 23 Juli 2023. Kami akan menargetkan masyarakat yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas dan lokasi rawan pelanggaran serta kecelakaan lalu lintas," kata Kapolres.

Operasi ini akan melibatkan penegakan hukum dengan menggunakan berbagai alat seperti etle (statis dan mobile) dan teguran. Tujuannya adalah untuk menekan tujuh prioritas pelanggaran, antara lain pengemudi atau pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara, serta pengendara di bawah umur.

Kemudian pengendara berboncengan lebih dari satu orang, pengendara tanpa menggunakan helm SNI, pengemudi yang tidak menggunakan seat belt, pengemudi dalam pengaruh alkohol, pengemudi melawan arus, dan pengemudi yang melampaui batas kecepatan.

Baca juga: Wanita Asal Anambas Melahirkan Bayi Laki-laki di Ferry MV Seven Star Tujuan Tanjungpinang

Kapolres juga menekankan pentingnya faktor keamanan dan keselamatan dalam operasi ini serta mengimbau petugas untuk melakukan pendekatan preemtif dan preventif. Selain itu, edukasi kepada masyarakat juga menjadi hal yang ditekankan agar mereka memahami pentingnya ketaatan dalam berlalu lintas.

"Dalam melaksanakan tugas, kami mengajak semua petugas untuk memahami psikologis masyarakat dan memberikan edukasi serta kesadaran akan pentingnya berlalu lintas dengan baik. Sinergi dan komunikasi dengan TNI dan instansi terkait juga harus terjalin dengan baik," lanjut Kapolres Kepulauan Anambas.

Dengan digelarnya Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Seligi Tahun 2023 ini, diharapkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas akan meningkat, sehingga dapat menciptakan kondisi lalu lintas yang aman dan tertib di Kepulauan Anambas.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews