Kodim 0316/Batam Laksanakan TMMD ke-116 di kelurahan Sambau

Kodim 0316/Batam Laksanakan TMMD ke-116 di kelurahan Sambau

Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto Saat Pembagian Tali Asih Kepada Masyarakat (reza)

Batam, Batamnews - Komando Distrik Militer (Kodim) 0316/Batam melaksanakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 tahun 2023 di wilayah Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (10/5/2023).

Kegiatan tersebut mengusung tema 'Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanggulanan TNI-Rakyat Semakin Kuat'. 

Baca juga: Amsakar: Pemko Batam Mendukung Penuh Pelaksanaan TMMD 2023

Komandan Kodim 0316/Batam Letnan Kolonel (Letkol) Infanterk (Inf) Galih Bramantyo menjelaskan bahwa TMMD ke-116 TA 2023 ini menjadi sarana bagi TNI untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalisme prajurit dalam melaksanakan tugas-tugas pembangunan daerah. 

"Dimana program ini meliputi pembangunan obyek fisik dan non fisik, meningkatkan taraf hidup, kesejahteraan masyarakat dan mempertebal cinta tanah air serta wawasan kebangsaan," ujar Galih. 

Baca juga: Ketua DPRD Kota Batam Hadiri Rakornis TMMD ke-116, Apresiasi TNI untuk Kemajuan Masyarakat

Disebutkannya bahwa kegiatan tersebut digelar sejak tanggal 10 Mei hingga 8 Juni 203. Dengan sejumlah fokus mulai dari program kerjanya yang terdiri dari fisik dan non fisik. 

"Seperti pelebaran dan semenisasi jalan sepanjang 1.448 meter, perbaikan drainase dengan panjang 345 meter, pembuatan gorong-gorong atau box culvnert dengan panjang 4 meter," kata dia. 

Baca juga: Terdakwa Korupsi SIMRS BP Batam, Budi Martono dan Priyono Al Priyanto, Dituntut 3 Tahun Penjara

"Serta melakukan penyuluhan hukum, kesehatan, narkoba, radikalisme, ekonomi kreatif hingga wawasan kebangsaan dan bela negara," ditambahnya. 

Ditempat yang sama, ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto berharap bahwa program tersebut dapat berjalan dengan lancar dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Batam. 

"Program TMMD ini pada hakikatnya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan, dan dengan adanya TMMD ini maka dapat meningkatkan kepedulian sosial dan semangat kebersamaan memajukan daerah baik itu di tingkat kelurahan maupun desa," kata Nuryanto

Baca juga: Persoalan Air Bersih Membayangi Batam: Penduduk Keluhkan Pasokan yang Tidak Stabil

Dikatakannya bahwa kegiatan TMMD tersebut harus disyukuri karena orientasinya untuk kesejahteraan masyarakat. Artinya TNI selalu ada untuk masyarakat. 

"Harapannya hubungan TNI dan masyarakat harus tetap terjaga, selain untuk memperkokoh pertahanan TNI juga berkontribusi terhadap pembangunan darah," sebutnya. 

Sementara, Wali Kota Batam HM Rudi menjelaskan bahwa TMMD merupakan wujud operasi bakti TNI. Yang merupakan suatu program terpadu antara TNI AD dengan pemerintah daerah dengan tujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah dengan harapan kesejahteraan masyarakat di daerah yang bisa terangkat. 

"Kegiatan ini diharapkan menjadi sebuah momentum bagi kita semua untuk lebih memperkuat hubungan antara TNI, seluruh Instansi pemerintah baik pusat maupun daerah serta seluruh elemen masyarakat dalam pembangunan kota Batam sebagai kota baru," ucapnya. 
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews