Turis Australia Ditahan di Aceh Setelah Berulah dalam Kondisi Mabuk

Turis Australia Ditahan di Aceh Setelah Berulah dalam Kondisi Mabuk

Bodhi Mani Risby-Jones, peselancar asal Australia, ditahan Simeulue karena warga setempat (internet)

Aceh, Batamnews - Seorang turis Australia, Bodhi Mani Risby-Jones, ditahan di Aceh setelah melakukan kekacauan dalam kondisi mabuk di sebuah desa. 

Risby-Jones ditangkap di Lantik Moon Beach Resort di Pulau Simeulue pada tanggal 27 April 2023 karena menyerang seorang satpam dan seorang pengendara sepeda motor.

Baca juga: Pelaku Begal dan Pemerkosa Wanita di Kampar Berhasil Ditangkap

Menurut laporan News Australia seperti dilansir liputan6, Risby-Jones saat ini masih ditahan di sel kecil di sebuah pulau kecil di lepas pantai Sumatera sambil menunggu nasibnya. Ia terancam hukuman maksimal lima tahun penjara jika terbukti menganiaya korban yang mengakibatkan luka fisik yang serius.

Dalam sebuah wawancara dengan ABC, Risby-Jones mengklaim bahwa ia merasa "hampir kesurupan" dan tidak bisa mengendalikan diri saat kejadian tersebut. 

Baca juga: Jelajahi Sensasi 8 Kuliner Khas Jambi yang Tidak Terlupakan

Ia mengaku hanya minum satu teguk vodka sebelum insiden saat tengah malam dan tidak terlalu ingat apa yang terjadi.

Ketika ditanya apakah ia ingat menyerang korban, Risby-Jones mengatakan bahwa dugaan kekerasan itu bukan seperti dirinya. Namun, ia mengaku juga dipukul dan ditendang di bagian kepalanya.

Baca juga: Tersangka Penista Agama Lina Mukherjee Minta Maaf di Kantor Polisi setelah Diperiksa Selama 12 Jam

Kasus ini juga menghadapi hukum Islam karena konsumsi dan penjualan alkohol dilarang di Aceh. Menyusul dugaan insiden tersebut, Risby-Jones juga dapat menghadapi dakwaan berdasarkan hukum Islam.

Pengendara sepeda motor yang diidentifikasi sebagai Edi Ron mengalami patah kaki dan membutuhkan 50 jahitan karena luka-lukanya. 

Baca juga: Polisi Periksa Sejumlah Saksi Tewasnya Mahasiswa Asal Dharmasraya di Pekanbaru

Kasus ini bisa dibatalkan sepenuhnya jika Risby-Jones bisa mencapai kesepakatan finansial dengan pengendara sepeda motor tersebut.

Desa tempat insiden terjadi juga mengharapkan bahwa resort tempat Risby-Jones menginap harus menebus kesalahannya dengan cara menyembelih kambing, sesuai dengan praktik tradisional di Aceh.

(DEN)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews