Jelajahi Sensasi 8 Kuliner Khas Jambi yang Tidak Terlupakan

Jelajahi Sensasi 8 Kuliner Khas Jambi yang Tidak Terlupakan

Nasi Gemuk salah satu kuliner Jambi yang paling populer (internet)

Jambi, Batamnews – Indonesia memiliki beragam kuliner yang lezat dan setiap daerahnya memiliki ciri khas makanan tradisionalnya. Begitu juga dengan Jambi yang memiliki berbagai makanan khas yang enak dan lezat. 

Jika Anda berkunjung ke Jambi, jangan lupa untuk mencoba delapan makanan khas yang dijamin akan mengundang selera.

Baca juga: Menikmati Kelezatan 9 Makanan Khas Natuna yang Menggugah Selera

1. Tempoyak Ikan Patin

Makanan ini sangat populer di Jambi dan terbuat dari buah durian yang sudah difermentasi serta ikan patin. Ikan patin tersebut diberi bumbu kunyit, cabai, bawang merah, dan bawang putih sebelum diolah dengan tempoyak.

Baca juga: 10 Makanan Khas Batam yang Menggoda Selera

2. Nasi Gemuk

Nasi gemuk ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan santan, daun pandan, daun jeruk, dan daun salam. Makanan khas ini mirip dengan nasi uduk Betawi dan dihidangkan dengan sejumlah lauk pauk seperti telur dadar iris atau rebus, bihun goreng, teri kacang goreng, bawang goreng, dan sambal merah ulek.

3. Gulai Tepek Ikan

Makanan ini biasanya menggunakan ikan gabus atau ikan tenggiri sebagai bahan utamanya. Ikan dipipihkan dan dicampur dengan bumbu-bumbu dan tepung sagu sebelum dimasak dengan bumbu gulai. 

Gulai tepek ikan termasuk makanan sakral dan hanya disajikan pada acara khusus, namun saat ini tersedia di beberapa tempat makan.

Baca juga: Empat Makanan Khas Lingga dari Bahan Dasar Sagu yang Menggugah Selera

4. Kerutup Ikan

Makanan ini menggunakan ikan air tawar seperti ikan mas, nila, atau gurame. Ikan dicampur dengan rempah-rempah, lalu dibungkus dengan daun pisang dan digoreng bersama daun kunyit sehingga aromanya khas. 

Nama "kerutup" diambil dari proses pembuatannya yang akan terdengar suara letupan-letupan dari daun pisang tersebut.

Baca juga: Wali Kota Batam Ajak Seluruh Elemen Bersinergi dalam Mencegah Karhutla

5. Mi Celor

Mi celor terbuat dari adonan tepung terigu yang diolah dengan daun sop dan tauge. Selain itu, bisa ditambah dengan telur dan irisan daging.

6. Rambutan Goreng

Makanan ini terbuat dari buah rambutan yang digoreng setelah daging buah dikeringkan dan dicampur dengan adonan terigu dan bumbu seperti vanili dan garam. Rambutan goreng memiliki rasa yang mirip dengan buah kurma.

7. Daging Masak Hitam

Makanan khas berbahan utama daging ini memiliki cita rasa manis dan gurih dengan kuah hitam pekat. Daging masak hitam terlihat mirip dengan semur namun memiliki kuah yang lebih kental dan daging yang empuk.

Baca juga: Terungkap Penyebab Kebakaran Tragis di Medan yang Sebabkan Dua Balita Tewas Terpanggang

8. Gulai Terjun

Gulai terjun merupakan makanan khas Jambi berbahan dasar daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah. Makanan ini hanya dihidangkan pada hari-hari tertentu seperti lebaran atau hajatan.

Pada zaman dahulu, orang Jambi menyantap hidangan ini pada saat kenduri sunnah rasul. 

Itulah beberapa kuliner khas Jambi yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke daerah tersebut. Selamat mencoba.

(DEN)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews