Partai Politik di Karimun Masih Siapkan Berkas Bacaleg untuk Pilkada 2024

Partai Politik di Karimun Masih Siapkan Berkas Bacaleg untuk Pilkada 2024

Sampai saat ini Parpol di Karimun masih menyiapkan berkas bacaleg sebelum didaftarkan ke KPU Karimun (ilustrasi)

Karimun, Batamnews - Dewan Pimpinan Partai Politik di Kabupaten Karimun sedang menyiapkan berkas-berkas bakal calon legislatif sebelum didaftarkan di KPU. Hingga saat ini, belum ada partai politik yang mendaftarkan Bacaleg yang akan maju pada Pemilu tahun 2024 mendatang. 

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Tingkat II Partai Golkar Kabupaten Karimun yang merupakan parpol pemenang pemilu legislatif tahun 2019 lalu, dengan perolehan enam kursi di DPRD masih menyiapkan berkasnya.

Baca juga: KPU Karimun Belum Menerima Pendaftar Bacaleg pada Hari Kedua

Kemungkinan besar, Partai Golkar akan mendaftarkan Bacaleg di atas tanggal 10 karena sedang melengkapi kelengkapan persyaratan. 

"Kemungkinan kami daftar di atas tanggal 10. Sekarang sedang melengkapi kelengkapan-kelengkapan persyaratan," kata Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Karimun, Raja Rafiza, Rabu (3/5/2023).

Baca juga: Minim Kelulusan Tes PPPK, Formasi Jabatan Fungsional Teknis di Pemkab Karimun Kosong

Golkar juga berencana untuk mengutus perwakilan perempuan pada Pileg nantinya, dengan memenuhi kuota 30% keterwakilan perempuan.

Parpol lain yang juga masih dalam tahap pengurusan dokumen persyaratan Bacaleg adalah PPP. 

Baca juga: KSOP Khusus Batam Bentuk Tim Khusus untuk Selidiki Pencemaran Limbah di Kampung Melayu

Sekretaris DPC PPP Kabupaten Karimun, Supriadi mengatakan masih menunggu arahan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) terkait waktu pendaftaran. 

"Kita sekarang dalam tahap pemberkasan persyaratan administrasi. Untuk jumlah kita belum last. Kita targetkan seluruh dapil penuh. Tetap memenuhi kuota perempuan," kata Supriadi.

Baca juga: Bos PT JPK Johanis dan Anaknya Jadi Tersangka Kasus Jual Beli Ruko Pasar Mitra 2 Batam

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai PDIP Kabupaten Karimun, Rasno, menyatakan bahwa jumlah Bacaleg dari PDIP juga akan lengkap, termasuk memenuhi kuota 30% keterwakilan perempuan.

Parpol baru, yaitu Partai Buruh, juga sedang melengkapi berkas-berkas Bacaleg untuk didaftarkan ke KPU Kabupaten Karimun. 

Baca juga: Investasi Properti di Batam: Peluang Menguntungkan untuk Calon Juragan

Ketua DPC Partai Buruh Kabupaten Karimun, Muhammad Fajar, menyatakan bahwa mereka masih memenuhi keterwakilan perempuan dalam berkas Bacaleg. Batas terakhir pendaftaran Bacaleg adalah tanggal 14 Mei 2024.

Seperti diketahui, para caleg di Karimun ini akan bertarung pada Pemilu 2024 nanti untuk memperebutkan 30 kursi DPRD Kabupaten Kepulauan Karimun.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews