Pendaftaran Sudah Dibuka, Belum Ada Parpol Datangi KPU Lingga Daftarkan Bacaleg 2024

Pendaftaran Sudah Dibuka, Belum Ada Parpol Datangi KPU Lingga Daftarkan Bacaleg 2024

Ketua KPU Lingga, Hasbullah (Foto: ist)

Lingga, Batamnews - Sejak dibukanya pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD, belum ada pendaftar yang mendaftar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri).

Ketua KPU Lingga, Hasbullah mengatakan, hingga pagi ini, Rabu (3/5/2023) belum ada satu pun partai politik (Parpol) yang mendaftarkan bacalegnya.

"Belum ada lagi sampai pagi ini," kata dia kepada Batamnews.

Baca juga: Bawaslu Lingga Imbau Partai Politik Patuhi Prosedur dan Aturan Pencalonan Anggota DPRD

Hasbullah melanjutkan, jika berkaca dari Pemilu 2019 lalu, ada sedikit perbedaan dengan tahun ini. Sebab, jika dilihat dari program dan jadwal kegiatan tahapan pencalonan ini dimulai dari pengumuman tanggal 24-30 April 2023, dimana saat itu masih suasana lebaran. Sehingga fasilitas pemerintah masih banyak yang belum beraktivitas.

"Ya, seperti untuk pengurusan syarat pencalonan. Kemudian pengajuan bakal calon dimulai dari tanggal 1 sampai 14 Mei 2023. Jadi saat ini teman-teman partai politik masih melakukan pemberkasan seperti syarat surat kesehatan dan lain-lain," ujarnya.

Namun demikian, ia mengaku bahwa beberapa partai politik ada juga yang telah mengagendakan jadwal mereka untuk pengajuan bakal calon ke KPU Lingga.

Baca juga: KMP Senangin Kembali Berlayar di Lintasan Batam, Dabo Singkep dan Jambi

"Harapan kami tentunya parpol tidak mengajukan bacalegnya di akhir-akhir waktu, dan pada saat pengajuan harapan kami tentu semua persyaratannya terpenuhi," harap Hasbullah.

Selain itu, sebelum penyerahan dokumen pengajuan, ia menyarankan agar parpol untuk memastikan pengisian data dan dokumen pengajuan bakal calon telah lengkap.

Sebagaimana diketahui, pendaftaran dibuka dari tanggal 1 hingga 13 Mei 2023, mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Sementara pada tanggal 14 Mei 2023, pendaftaran dibuka hingga pukul 23.59 WIB.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews