Daftar Kepala Daerah di Riau yang Ditangkap KPK Sejak 2007, dari Gubernur Hingga Bupati/Wali Kota

Daftar Kepala Daerah di Riau yang Ditangkap KPK Sejak 2007, dari Gubernur Hingga Bupati/Wali Kota

Bupati Meranti, Muhammad Adil. (Foto: Juna/batamnews)

Pekanbaru - Provinsi Riau menorehkan catatan panjang kepala daerah yang ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terkait kasus rasuah.

Sejumlah kepala daerah mulai dari Gubernur hingga Bupati/Wali Kota di provinsi berjuluk Bumi Lancang Kuning itu diringkus KPK sejak 2007. Terkini, adalah Bupati Meranti, Muhammad Adil yang ditangkap KPK pada Kamis (6/4/2023) malam.

Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau, menyikapi Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kabupaten Kepulauan Meranti. 

Baca: KPK Tangkap Bupati Meranti Muhammad Adil

Menurut mereka, tertangkapnya Bupati Muhammad Adil dkk. sangat terkesan menyedihkan dan pukulan kembali bagi Marwah Riau pasca penyelenggaraan HAKI 2016. 

Peneliti sekaligus Manajer Advokasi Fitra Riau, Taufik, mengatakan benah-benah yang dilakukan oleh pemerintah juga masih belum menjadikan isu korupsi sebagai landasan dalam pelaksana penyelenggaraan birokrasi. 

"Hal itu bisa dilihat dari komitmen anti korupsi hanya sebagai uraian di atas kertas, terpampang di tugu dan bahkan terpasang pada sertifikat saja dan malah itu hanya sekadar simbol menarik simpatik pemilih dan publik ketika musim kampanye tiba," kata Taufik, dikutip RiauOnline.

Baca: Sejumlah Pejabat Meranti Ikut Diangkut KPK usai Bupati Muhammad Adil Ditangkap

"Seharusnya komitmen itu tertanam dari kesadaran naluriah hati kepala daerah dan pejabat, bukan justru sebaliknya di mana hati dan sikap perilakunya berbeda," imbuhnya.

Berikut daftar kepala daerah di Riau yang ditangkap KPK sejak 2007:

Gubernur: 

1. Saleh Djasit
2. Rusli Zainal 
3. Annas Maamun

Bupati/Wali Kota: 

4. Burhanuddin Husin (Bupati Kampar)
5. Arwin AS (Bupati Siak)
6. Suparman (Bupati Rokan Hulu)
7. Andi Putra (Bupati Kuantan Singingi)
8. Amril Mukminin (Bupati Bengkalis)
9. Zul AS (Wali Kota Dumai)
10. Muhammad Adil (Bupati Meranti).


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews