KPK Tangkap Bupati Meranti Muhammad Adil

KPK Tangkap Bupati Meranti Muhammad Adil

Bupati Meranti, Muhammad Adil. (Foto: Istimewa)

Meranti, Batamnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil. Penyidik KPK menangkap Adil di rumah dinasnya setelah lebih dari 1,5 jam menggeledah kantor Pemerintah Daerah Meranti.

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul, mengungkapkan bahwa sekitar pukul 22.00 WIB, penyidik KPK meminta bantuan Polres. Setelah menangkap Adil, tim KPK langsung melanjutkan perjalanan.

"Kita tidak tahu dibawa ke mana. Tapi yang jelas sekitar pukul 22.00 WIB KPK ini minta bantu kita untuk backup," ujar Andi Yul saat dikonfirmasi, Jumat (7/4/2023).

Lebih lanjut, Andi Yul menyatakan bahwa tim KPK kemudian mendatangi rumah dinas Bupati Adil. Adil diamankan oleh tim KPK dan langsung dibawa ke Pelabuhan Buton untuk selanjutnya diantar ke Pekanbaru.

"Bupati ketangkap di rumah dinas," kata Andi Yul.

Andi Yul mengaku tidak tahu pasti siapa saja yang ditangkap oleh KPK selain Bupati Adil. Namun yang pasti, Bupati Adil menjadi yang pertama kali dibawa ke Pelabuhan Buton.

"Diperiksa banyak, cuma saya tahu yang dibawa pak bupati saja. Dibawa penyidik pakai kapal Polair ke Buton sekitar pukul 23.30 WIB," katanya.

Sebelumnya, Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil, terjaring dalam OTT oleh penyidik KPK. KPK pun membenarkan operasi anti rasuah di Meranti dan menangkap Bupati Adil.

"Benar, tadi malam (6/4/2023), tim KPK berhasil melakukan tindakan tangkap tangan terhadap beberapa pihak yang sedang melakukan korupsi di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau," kata Juru Bicara KPK, Ali Fikri.

Ali Fikri juga menyebutkan bahwa sejumlah pejabat lainnya juga turut ditangkap dalam operasi tersebut, termasuk Bupati Adil.

"Beberapa pihak sudah ditangkap, di antaranya bupati. Saat ini tim KPK masih bekerja, terus kami kumpulkan bahan keterangan dari beberapa pihak," ujar Ali Fikri.

Namun, KPK belum menyebutkan jumlah uang yang disita dalam OTT tersebut. 

“Tim mengamankan barang bukti berupa uang,” kata juru bicara KPK Ali Fikri, Jumat, 7 April 2023.

"Sejauh ini puluhan orang pejabat strategis di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti yang ditangkap KPK. Dan juga ada pihak swasta," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis Jumat 7 April 2023.

Mencuat di Medsos

Nama Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil sempat mencuat saat ia mengeluarkan pernyataan dan menyebut pegawai Kemenkeu sebagai iblis atau setan dalam rapat koordinasi Pengelolaan Pendapatan Belanja Daerah se-Indonesia di Pekanbaru, 8 Desember 2022. Adil menilai Kemenkeu telah mengeruk keuntungan dari eksploitasi minyak di daerah yang dia pimpin.

Dia menyatakan kecewa kepada Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu Lucky Alfirman yang hadir. Pada sesi tanya jawab, Adil mempertanyakan ihwal Dana Bagi Hasil minyak di Kepulauan Meranti kepada Kemendagri dan Kemenkeu.

'Ini orang keuangan isinya iblis atau setan. Jangan diambil lagi minyak di Meranti itu. Gak apa-apa, kami juga masih bisa makan. Daripada uang kami dihisap oleh pusat," ujar Adil dalam sebuah video berdurasi 1 menit 55 detik beredar di media sosial.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews