Tak Ingin NIK Dicatut Balon Anggota DPD, Begini Cara Ceknya

Tak Ingin NIK Dicatut Balon Anggota DPD, Begini Cara Ceknya

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kota Batam, William Seipattiratu. (Foto: ist untuk Batamnews)

Batam, Batamnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam saat ini sedang melakukan verifikasi administrasi dukungan para pemilil kepada bakal calon (Balon) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) daerah pemilihan (Dapil) Kepulauan Riau (Kepri). 

Tahapan verifikasi adminsitrasi ini merupakan rangkaian tahapan pemilihan umum (Pemilu) 2024. Pada tahap pertama, verifikasi administrasi dilakukan sampai 23 Januari 2023. 

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kota Batam, William Seipattiratu mengatakan dokumen dukungan yang diverifikasi untuk 17 orang balon anggota DPD Kepri telah diterima oleh KPU Provinsi Kepri.

Baca: KPU Kepri Rilis 17 Nama Bacalon DPD RI yang Memenuhi Syarat Dukungan

Dalam tahapan verifikasi ini, pihaknya meminta peran serta masyarakat untuk mengecek ada tidaknya nama mereka sebagai pendukung bakal calon anggota DPD tersebut.

"Kita bisa cek NIK kita secara online di link https://infopemilu.kpu.go.id" ujar William, Kamis (5/1/2023). 

Selanjutnya, masyarakat bisa mengklik menu ‘cek pendukung calon anggota DPD’. Kemudian masukkan 16 digit angka Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan klik menu cari. 

Baca: Mantan Bupati Lingga Alias Wello Mantapkan Diri Maju DPD RI

"Maka akan muncul notifikasi apakah NIK kita terdaftar atau tidak sebagai pendukung salah satu bakal calon anggota DPD" katanya. 

Pada saat notifikasinya diketahui terdaftar, namun merasa tidak menjadi pendukung calon anggota DPD, maka masyarakat bisa memberikan tanggapan dan masukan ke KPU Batam. 

"Tanggapan pendukung ini diatur di pasal 129 PKPU 10 Tahun 2023. Ada batas waktu penyampaian ganggapan pendukung terhadap status dukungan kepada calon anggota DPD yaitu 7 hari sebelum pelaksanaan verifikasi faktual kedua kepada KPU Kota Batam" kata dia.

Baca: Stephane Siburian, Ketua Gekrafs Kepri Daftar Calon DPD RI

Untuk diketahui, 17 nama yang memenuhi syarat diantaranya Alias Wello, Andhika Bintang Prasetya, David Farel Sibuea, Dharma Setiawan, Dwi Ajeng Sekar Respaty, Gerry Yasid, Hardi Selamat Hood, Haripinto Tanuwidjaja, Hotman Hutapea, Ismeth Abdullah, Juanda, R. Imran Hanafi, Ria Saptarika, Richard Hamonangan Pasaribu, Sirajudin Nur, Stephane Gerald Martogi Siburian dan Sunarto Poniman.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews