KPU Kepri Rilis 17 Nama Bacalon DPD RI yang Memenuhi Syarat Dukungan

KPU Kepri Rilis 17 Nama Bacalon DPD RI yang Memenuhi Syarat Dukungan

Sosialisasi dan Publikasi Tahapan dan Pencalonan DPD RI

Tanjungpinang, Batamnews - KPU Kepri menyatakan sebanyak 17 bakal calon (Bacalon) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang akan mengikuti Pileg 2024 mendatang dari Dapil Kepri telah memenuhi syarat dukungan. 

Ketua KPU Kepri, Sri Wati, mengatakan ada 21 tokoh masyarakat yang mengajukan pencalonan ke KPU RI melalui Sistem Pencalonan (Silon) DPD RI. Namun hanya 17 tokoh masyarakat yang dinyatakan memenuhi syarat dukungan sementara 4 orang lagi tidak.

"Jadi 17 bacalon yang memenuhi syarat dukungan. Kalau 4 lainnya itu 3 diantaranya tidak menyerahkan syarat dukungan dan 1 tidak diterima," ujar Sri di Ruang Pertemuan Kantor KPU Kepri, Km 8 Atas, Kita Tanjungpinang, Jumat (30/12/2022).

Baca juga: KPU Kepri Temukan Ribuan Anggota Partai Tidak Punya KTP Natuna

Untuk 3 orang yang tidak memenuhi syarat yaitu Maryono, Irwansyah Saleh Kusuma, dan Artati. Sedangkan yang tidak diterima adalah Yudi Kurnain.

Sementara yang dinyatakan memenuhi syarat diantaranya Alias Wello, Andhika Bintang Prasetya, David Farel Sibuea, Dharma Setiawan, Dwi Ajeng Sekar Respaty, Gerry Yasid, Hardi Selamat Hood, Haripinto Tanuwidjaja, Hotman Hutapea, Ismeth Abdullah, Juanda, R. Imran Hanafi, Ria Saptarika, Richard Hamonangan Pasaribu, Sirajudin Nur, Stephane Gerald Martogis, dan Sunarto Poniman.

"Jadi 17 berkas bacalon ini yang akan dilakukan verifikasi administrasi. Verifikasi itu akan kita laksanakan mulai hari ini 30 Desember 2022 sampai dengan 12 Januari 2023," jelasnya.

Baca juga: Kembali Maju DPD RI, Haripinto Serahkan Berkas Dukungan ke KPU

Komisioner KPU Kepri, Arison menjelaskan jumlah dukungan yang didapatkan 17 bacalon DPD RI sebanyak 45.687 orang. Dukungan itu diberikan oleh masyarakat yang tersebar di 7 kabupaten/kota.

"Untuk pencalonan, minimal dukungan yang diperoleh bacalon itu 2 ribu orang. Para dukungan itu tersebar paling sedikit di 4 kabupaten/kota," katanya.

Gerry Yasid paling banyak dukungan

Jumlah dukungan paling besar yang didapatkan para bacalon berasal dari Kota Batam sebanyak 25.865 orang. Disusul Kota Tanjungpinang 6.492 orang, Kabupaten Karimun 4.154 orang, Kabupaten Lingga 3.913 orang, Kabupaten Bintan 3.150 orang, Kabupaten Natuna 1.304 orang, dan Kabupaten Anambas 809 orang.

"Untuk bacalon yang paling banyak mendapat dukungan adalah Gerry Yasid yang saat ini menjabat Kajari Kepri. Dia peroleh 3.796 yang tersebar di 7 kabupaten/kota se-Kepri," ucapnya.

 

Untuk tahapan selanjutnya dilaksanakan di 2023. Dimulai dari verifikasi administrasi, perbaikan dan penyerahan minimal dukungan, verifikasi perbaikan 1 dan 2 lalu  verifikasi faktual 1 dan 2 serta penetapan keputusan hasil verifikasi syarat dukungan. 

Berikutnya pembukaan pendaftaran bacalon DPD RI yang dimulai awal Mei 2023. Bagi pejabat yang lulus semua tahapan dan mau mengikuti pemilihan maka harus mengundurkan diri dari jabatannya.

"Begitu juga dengan Pak Kajati Kepri Gerry Yasid. Dia harus mengundurkan diri dari jabatan dan ketika mendaftar berkas pengunduran diri itu diserahkan," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews