KPU Batam Ajak Masyarakat Ikuti Peluncuran Tahapan Pemilu 2024

KPU Batam Ajak Masyarakat Ikuti Peluncuran Tahapan Pemilu 2024

Komisioner KPU Batam, William Seipattiratu.

Batam, Batamnews - Tahapan Pemilu Serentak 2024 resmi dimulai hari ini, 14 Juni 2022. Komisi Pemilihan Umum secara nasional akan meluncurkan tahapan Pemilu 2024 malam nanti pukul 19.00 WIB.

KPU Kota Batam ikut melakukan peluncuran tahapan tersebut bersama pemerintah daerah/forkpimda, Bawaslu, partai politik dan pemangku kepentingan lainnya termasuk pers di kantor KPU Batam di Sekupang.

“Acara peluncuran dilakukan secara nasional dan terpusat di KPU RI, Jakarta. Seluruh KPU Kabupaten/Kota akan mengikuti kegiatan tersebut secara daring,” ujar William Seipattiratu, anggota KPU Kota Batam, Selasa sore.

Tahapan Pemilu adalah rangkaian kegiatan kepemiluan yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU secara sistematis menuju puncak atau hari H yaitu pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024. 

“Tahapan Pemilu telah resmi dimulai hari ini berdasarkan PKPU nomor 3 tahun 2022 sebagai landasan hukumnya. Ini sesuai pasal 167 ayat 6 UU 7 tahun 2017 tentang Pemilu bahwasannya tahapan Pemilu dimulai paling lambat 20 bulan sebelum pemungutan suara ,” terang Willy, sapaan akrabnya.

Tahapan Pemilu itu sendiri berdasarkan UU 7 tahun 2017 serta PKPU 3 tahun 2022 sebanyak 11 tahapan dan yang dimulai hari ini menurutnya adalah tahapan persiapan. Tahapan persiapan yakni perencanaan program dan anggaran serta penyusunan peraturan pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu.

Menurut Willy, hampir seluruh tahapan Pemilu ikut melibatkan peran aktif masyarakat terutama saat tahapan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih. 

“Selain itu tahapan pencalonan baik presiden, wakil presiden, anggota DPR, DPD dan DPRD, yang mana masyarakat yang memenuhi syarat dapat menggunakan hak politiknya untuk menjadi calon,” katanya.

Ajakan kepada masyarakat Batam untuk mengikuti acara peluncuran ini agar diketahui secara luas bahwa tahapan Pemilu 2024 telah dimulai. 

“Karena Pemilu ini salah satu instrumen demokrasi yakni dari rakyat, untuk rakyat dan oleh rakyat. Artinya masyarakatlah yang akan menentukan kepemimpinan di eksekutif yakni Presiden dan Wakil Presiden serta legislative atau wakil-wakil rakyat di DPR, DPD dan DPRD periode lima tahun mendatang,” imbuhnya.

Masyarakat dapat mengikuti acara peluncuran Tahapan Pemilu 2024 melalui live streaming YouTube, Facebook KPU RI serta sejumlah stasiun televisi nasional.

(jun)