Legislator Batam: Laka Kerja di PT Citra Shipyard Akibat Kelalaian Pengawas

Legislator Batam: Laka Kerja di PT Citra Shipyard Akibat Kelalaian Pengawas

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Batam, Aman (Foto: Arjuna/Batamnews)

Batam, Batamnews - Kecelakaan kerja yang terjadi di PT Citra Shipyard tempo lalu hingga menewaskan seorang pekerja kembali diusut. Kasus ini dibahas dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) DPRD Batam bersama tim tim pengawas tenaga kerja dan pihak perusahaan, Selasa (30/8/2022).

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Batam, Aman menyebut, laka kerja itu terjadi karena kelalaian pengawasan perusahaan.

"Sebagaimana kita ketahui, laka kerja itu terjadi pada malam hari. Karyawan lembur, namun kondisi safety-nya tidak memadai," ujar Aman, saat ditemui usai RDP.

Baca juga: Tak Hanya 3, Belasan Mobil Sport Diduga Diselundupkan via Salah Satu Shipyard di Batam

Saat RDP, dewan sempat meminta paparan kronologis kejadian. Dari situ, Aman menyimpulkan bahwa kejadian yang merenggut nyawa salah seorang pekerja itu mutlak atas dasar kelalaian PT Citra Shipyard.

"Kami mendapat informasi dan kronologi kejadian. Saat ini, korban sedang melakukan pekerjaannya. Pada saat kejadian juga, ada supervisor perusahaan dibelakang korban itu. Jadi di sini kita pertanyakan kerjaan supervisor yang harusnya mengawasi itu seperti apa?" katanya.

Aman menambah, di perusahaan tersebut selain pekerja tidak dibekali peralatan safety yang memadai, juga kondisi penerangan yang tidak memungkinkan untuk bekerja di malam hari.

"Ada beberapa fasilitas yang tidak memadai, seperti lampu penerangan. Harusnya perusahaan memfasilitasi itu demi keamanan pekerja," kata dia.

Baca juga: Rekannya Tewas Mengenaskan di Depan Mata, Pekerja ASL Shipyard Ini Gemetar

Meski status korban tersebut merupakan karyawan sub-contractor, namun tidak ada alasan bagi main-contractor untuk bertanggungjawab atas seluruh ketersediaan fasilitas pendukung keamanan bagi para pekerja.

"Itu yang kita kritisi. Dan soal hak-hak korban, perusahaan sudah memenuhi itu semua. Hanya saja ini perlu menjadi perhatian khusus kita semua karena mengingat Batam sebagai salah satu kota industri terbesar di Indonesia," ujar dia.

Atas kejadian itu, Aman turut meminta agar pengawas tenaga kerja untuk mengecek secara rutin pada seluruh perusahaan di Batam dalam penerapan K3.

(jun)