Kemahiran Wirausaha Mahasiswa STTI Tanjungpinang Diuji Lewat Pasar Mahasiswa

Kemahiran Wirausaha Mahasiswa STTI Tanjungpinang Diuji Lewat Pasar Mahasiswa

Mahasiswa STT Indonesia Tanjungpinang mengikuti Pasar Mahasiswa (Foto: ist)

Tanjungpinang, Batamnews - Pagelaran Pasar Mahasiswa 2022 yang ditaja oleh Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia (STTI) Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), sukses digelar.

Acara yang berlangsung selama dua hari, tepatnya pada Jumat-Sabtu pekan lalu itu diikuti sekitar 70 stand. Setiap stand diisi 2 orang mahasiswa STTI Tanjungpinang.

Dosen Kewirausahaan STTI Tanjungpinang, Mulyadi Tan mengatakan, Pasar Mahasiswa tahun ini merupakan yang keenam diadakan. Tahun sebelumnya tak diselenggarakan karena pandemi Covid-19.

Baca juga: Festival Kopi Merdeka Siap Hibur Masyarakat Tanjungpinang

"Ada 70 stand yang ikut dan diisi oleh 312 orang mahasiswa kita yang mengambil mata kuliah kewirausahaan," ujarnya, Selasa (23/8/2022).

Acara tersebut juga digelar berbarengan dengan Ujian Akhir Semester (UAS) STTI Tanjungpinang. Seluruh mahasiswa di sana diuji kemahiran dalam berniaga.

"Ujian akhir semester anak-anak (mahasiswa) ini kita suruh mereka praktek jualan langsung. Bagaimana menjadi seorang wirausaha yang sukses," kata pria yang akrab disapa Ahi itu.

Selain itu juga, Pasar Mahasiswa bertujuan untuk mengasah mental para peserta didik bagaimana menjadi pengusaha muda. Yang mana diketahui, setiap pengusaha pastinya belajar dan memulai dari nol.

Baca juga: DJ Una Bakal Manggung di Kota Tanjungpinang, Mainkan 10 Lagu di Api Biru Bar

Ia yang juga merupakan pengusaha muda di Tanjungpinang itu menambahkan, untuk menjadi seorang technopreneur tidaklah gampang. Ada strategi-strategi khusus dalam menjalankan usaha yang digeluti.

Misal, bagaimana menjual suatu produk hingga strategi pemasaran atau marketing yang bagus. Kemudian yang dipelajari mahasiswa selama ini diterapkan dalam event tersebut.

"Saya ingin mereka menjadi pengusaha muda sukses. Kelas saya dan kampus ini ingin menciptakan technopreneur yang tangguh. Kita juga turut mengundang kampus lain yang ada di Tanjungpinang untuk tampil menyalurkan bakat mereka," pungkas Ahi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews