Daftar Wilayah Cakupan Dua Kelurahan Baru di Lingga

Daftar Wilayah Cakupan Dua Kelurahan Baru di Lingga

Wisatawan asal Jambi saat menikmati liburan di Pulau Berhala beberapa waktu lalu (Foto:ist)

Lingga, Batamnews - Dua kelurahan baru yakni, Daik Sepincan dan Berlian segera hadir di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri). DPRD Lingga telah mengesahkan pembentukan kelurahan baru tersebut menjadi Perda, Selasa (27/4/2021) kemarin.

“Kita tinggal lanjut ke provinsi, terus ke Departemen Dalam Negeri (Depdagri) untuk permohonan kode wilayah kelurahan," kata Kabag Pemerintahan di Setda Lingga, Gandime Diyanto kepada Batamnews, kemarin.

Baca juga: Disetujui DPRD, Dua Kelurahan Baru Segera Hadir di Lingga

Ia menjelaskan, kelurahan yang dimekarkan dan diberi nama Daik Sepincan merupakan pemekaran dari Kelurahan Daik. Sedangkan Kelurahan Berlian, merupakan pemekaran dari Desa Berhala.

“Insya Allah (roda pemerintahan sudah bisa jalan) setelah persetujuan pusat," sebutnya.

Kelurahan Daik Sepincan berada di Kecamatan Lingga. Sedangkan Kelurahan Berlian berada di Kecamatan Singkep Selatan. Kelurahan-kelurahan baru ini pun memiliki cakupan wilayah yang cukup luas.

Baca juga: Camat-DPRD Lingga Studi Banding Pembentukan Kelurahan Berlian ke Tangerang

Berikut cakupan wilayah dua kelurahan baru di Lingga.

 

1. Kelurahan Daik Sepincan

Wilayah administratif Kelurahan Daik Sepincan, mencakup Melukap Darat dan Laut, Kampung Gelam, Kampung Mentok yang dibatasi sungai, hingga ke Kampung Pahang, Sepincan, dan Mading yang berbatasan langsung dengan Desa Panggak Darat.

2. Kelurahan Berlian

Baca juga: Camat Singkep Selatan Dukung Pemekaran Pulau Berhala Jadi Kelurahan Berlian

Kelurahan Berlian merupakan pemekaran dari Desa Berhala yang cakupan wilayahnya terdiri dari Pulau Berhala. Di Pulau ini ada Kampung Lama, Kampung Baru dan Kampung Jambi.

Kemudian Pulau Telur, Pulau Manjin, Pulau Layak, Pulau Lampu, Pulau Nyirih, dan Pulau Siuma.

Dengan terbentuknya Kelurahan Berlian ini, secara otomatis nama Desa Berhala juga diganti dengan nama Desa Pulau Lalang. Ini dikarenakan Pulau Berhala sudah menjadi bagian dari Kelurahan Berlian.

Baca juga: Ribuan Wisatawan Asal Jambi Manfaatkan Libur Lebaran ke Pulau Berhala di Lingga

Sedangkan Pulau Lalang yang dulunya bagian dari Desa Berhala, kini menjadi desa sendiri dengan nama Desa Pulau Lalang. Wilayah cakupannya mulai dari Pulau Lalang itu sendiri yang terdapat Kampung Padang, Kampung Tengah dan Kampung Tanjung.

Kemudian Pulau Tengah Lalang, Pulau Keling Lalang, Pulau Tenang Besar, Pulau Tenang Kecil, Pulau Malang Tenang, Pulau Singkep Laut, Pulau Tikus Singkep Laut, Pulau Tikus Singkep Laut Kecil, Pulau Anak Tikus, Pulau Sayak, Pulau Gayong, Pulau Nyireh Sayak, Pulau Nyamok, Pulau Tukong Pollux, Pulau Batu Cama; dan Pulau Batu Balai.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews