Camat Singkep Selatan Dukung Pemekaran Pulau Berhala Jadi Kelurahan Berlian

Camat Singkep Selatan Dukung Pemekaran Pulau Berhala Jadi Kelurahan Berlian

Camat Singkep Selatan, Sabirin (kanan) bersama Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar (Foto:ist)

Lingga - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, Kepulauan Riau, berencana mengubah nama Pulau Berhala di Kecamatan Singkep Selatan, menjadi Pulau Berlian. Selain itu, pulau ini juga disiapkan menjadi wilayah administratif sendiri dalam bentuk kelurahan.

Baca: Pulau Berhala di Lingga Bakal Berganti Nama

Camat Singkep Selatan, Sabirin menyambut positif dan mendukung penuh wacana tersebut. Terlebih lagi kata dia wacana itu merupakan sebuah keputusan yang diambil pemerintah daerah.

"Kami tentunya menyambut baik, kelurahan pun bernama Kelurahan Berlian. Nama ini tentunya memiliki makna kehidupan masyarakat disana aman, indah dan sejahtera," kata dia kepada Batamnews, Jumat (26/6/2020).

Ia menjelaskan, meskipun nantinya Pulau Berhala diganti nama menjadi Pulau Berlian dan berbentuk kelurahan, Desa Berhala akan tetap ada. Artinya, hanya Pulau Berhala saja yang berubah nama dan menjadi kelurahan baru.

"Desa tetap kembali ke Dusun Pulau Lalang (bagian Desa Berhala), dan Pulau Berhala itu sendiri saja yang berubah status jadi kelurahan. Tapi bisa jadi juga Desa Berhala setelah Pulau Berhala sudah jadi kelurahan, akan berganti nama. Ini tidak menutup kemungkinan kedepannya, karena hanya dusun 1 (Pulau Berhala) saja yang jadi kelurahan," ujar Sabirin.

Baca: Ribuan Wisatawan Asal Jambi Manfaatkan Libur Lebaran ke Pulau Berhala di Lingga

Lanjut pria yang akrab disapa Abah ini, jika nantinya Pulau Berhala tersebut sudah dimekar, diharapkan dapat membawa perubahan dari sisi pelayanan kepada masyarakat. Pasalnya, selama ini perangkat desa tidak bisa setiap saat berada di Pulau Berhala karena faktor jarak.

"Makanya nanti dengan sudah dipimpin seorang lurah dari kalangan PNS, tentu dia akan berada setiap jam kantor. Tentu ini akan memberi dampak perubahan yang luar biasa sekali. Kerjasama antara pihak Kabupaten Tanjung Jabung, Provinsi Jambi, dengan Lingga juga akan lebih fokus, terutama dalam menjalankan program yang telah direncanakan," sebutnya.

Selain itu, Sabirin mengaku pihak kecamatan tentunya akan dapat langsung memantau perkembangan di Pulau Berlian, karena kelurahan merupakan bagian dari perangkat kecamatan. "Semoga semuanya bisa bejalan lancar," pungkas Abah.

(ruz)
Komentar Via Facebook :