Seorang Pasien Covid-19 di Lingga Meninggal Dunia

Seorang Pasien Covid-19 di Lingga Meninggal Dunia

Ilustrasi (Foto:Batamnews)

Lingga, Batamnews - Seorang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 asal Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), meninggal dunia, Senin (26/4/2021).

Beliau adalah Tn. HP (63) yang ditetapkan sebagai pasien konfirmasi 067.

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga, Wirawan Trisna Putra mengatakan, sejak 17 April telah timbul gejala batuk, sesak napas, sakit kepala dan lemah pada yang bersangkutan.

Baca: Beredar Pesan Berantai Kapal Feri Tujuan Lingga Stop Operasi 28 April

Kemudian, pada 25 April Tn. HP masuk ke RSUD Dabo dengan diagnosa pneumonia klinis. Setelah dilakukan swab antigen, didapati hasil positif.

"Dikarenakan keadaan yang menurun, pasien dinyatakan meninggal pada 26 April dan dimakamkan dengan protokol Covid-19," ujar Wirawan kepada Batamnews, Selasa (27/4/2021).

Baca: Positif Corona di Batam Tembus 7 Ribu Kasus

Ia menyebutkan, warga meninggal dunia dan terbukti terkonfirmasi Covid-19 tetap dilakukan secara protokol kesehatan pemulasaraan jenazah. Termasuk untuk Tn. HP.

"Ini merupakan pemulasaraan jenazah yang ke tiga terjadi di Kabupaten Lingga. Semua petugas pakai alat pelindung diri (APD) lengkap dan pemulasaraan jenazahnya tetap mematuhi ketentuan protokol kesehatan," jelasnya.

Sementara terkait beredarnya foto yang menampilkan petugas penggali kubur yang memang tidak menggunakan APD lengkap, hal ini karena mereka (penggali kubur) tidak bersentuhan langsung dengan jenazah.

Baca: Setahun Kosong, RSUD Encik Mariyam Lingga Akhirnya Punya Dokter Bedah

"APD dipakai oleh tim pemulasaraan yang bersentuhan langsung dengan jenazah tersebut, mulai dari pengkafanan sampai masuk ke dalam peti jenazah oleh tim," sebut Wirawan.

Dengan meninggalnya seorang pasien tersebut, maka secara kumulatif kasus Covid-19 di Lingga total ada 67 kasus. Kemudian sebanyak 52 orang diantaranya sembuh, 11 orang isolasi, serta 4 orang meninggal dunia.

Baca: Viral Video Antrean Ambulans di RSKI Galang


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews