Warga Desa Mentuda di Lingga Sudah Bisa Akses Internet, Tapi...

Warga Desa Mentuda di Lingga Sudah Bisa Akses Internet, Tapi...

Ilustrasi

Lingga - Impian warga Desa Mentuda, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, untuk merasakan pemerataan jaringan telekomunikasi kini mulai terwujud. Pasalnya, warga setempat kini sudah bisa mengakses jaringan internet.

Sebelumnya, warga Desa Mentuda hanya bisa melakukan panggilan telpon dan mengirim pesan singkat (SMS). Tapi sejak beberapa hari belakangan, mereka sudah bisa mengakses internet seperti video call, browsing bahkan menonton video di youtube.

Baca: Perjuangan Kuliah Online Mahasiswa Mentuda di Lingga: Lewati Sungai, Lembah dan Bukit

Semua ini bisa dinikmati warga setempat setelah tower mini di desa dilakukan peningkatan (upgrade) dari 2G menjadi 4G. Peningkatan ini juga berbarengan dengan beberapa tower mini yang ada di Lingga, seperti Pekajang dan Batu Belubang.

"Alhamdulillah sekarang kami sudah bisa akses internet di kampung. Jaringan internetnya baru normal Minggu (13/7/2020) kemarin," ucap salah seorang warga Desa Mentuda, Lia ketika dihubungi Batamnews, Senin (13/7/2020).

Baca: Kominfo Tingkatkan Kualitas Sinyal Tower Mini 3 Desa di Lingga Jadi 4G

Namun, setelah dilakukan peningkatan jaringan menjadi 4G, sejumlah warga malah kesulitan melakukan panggilan telpon. Hanya tersedia jaringan untuk akses internet, tapi melakukan panggilan telpon dan mengirim pesan singkat tidak bisa.

"Sinyal untuk handphone senter hilang, warga tidak bisa melakukan panggilan telpon. Tapi kalau internet alhamdulillah lancar," ujar Lia.

Sebagaimana diketahui, selain Desa Mentuda, warga Desa Pekajang yang berada di perbatasan antara Provinsi Kepri dengan Bangka Belitung juga sudah bisa mengakses internet.

"Walaupun jaringan lelet, tapi alhamdulillah," sebut salah seorang warga Pekajang, Firmansyah, kemarin.

Baca: Warga Lingga Cari Sinyal Hingga ke Bangka Belitung karena Minim Sinyal

(ruz)