Kominfo Tingkatkan Kualitas Sinyal Tower Mini 3 Desa di Lingga Jadi 4G

Kominfo Tingkatkan Kualitas Sinyal Tower Mini 3 Desa di Lingga Jadi 4G

Ilustrasi

Lingga - Jaringan telekomunikasi yang dipancarkan tower mini di tiga desa yang ada di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, akan dilakukan peningkatan (upgrade) kualitas dari 2G menjadi 4G.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Kominfo di Setretariat Daerah (Setda) Lingga, Ady Setiawan mengatakan, sebelumnya proses upgrade jaringan 2G ini juga telah dilakukan untuk tower telekomunikasi mini di Desa Resang, Teluk, Tebing dan Belungkur.

Baca: Jaringan Telekomunikasi di Mentuda Belum Normal, Kominfo: Teknisi Segera Turun

"Untuk saat ini kan ada 7 lokasi tower mini, yang sudah dilakukan peningkatan itu Resang (Singkep Selatan), Teluk, Tebing dan Belungkur. Tinggal 3 lokasi yang akan dan sedang dilakukan upgrading, yaitu Mentuda, Batu Belubang dan Pekajang," kata dia kepada Batamnews, Selasa (30/6/2020).

Ady menjelaskan, dengan dilakukannya upgrading ini, nantinya warga setempat selain dapat melakukan akses nelpon dan mengirimkan pesan singkat (SMS), juga dapat mengakses internet.

Baca: Kominfo Lingga Jajaki Telkomsel Tanjungpinang Bahas Jaringan Telekomunikasi Mentuda

"Insya Allah kalau yang Desa Mentuda, dalam minggu-minggu ini bisa terealisasi. Mudah-mudahan tidak ada kendala di lapangan. Kami juga akan terus berusaha agar desa atau pulau-pulau yang masih belum optimal akses internetnya dapat bertahap kita carikan solusi," ujarnya.

Ia berharap, dengan diupgrade nya jaringan telekomunikasi yang dipancarkan tower mini tersebut dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi dan edukasi.

Baca: Perjuangan Kuliah Online Mahasiswa Mentuda di Lingga: Lewati Sungai, Lembah dan Bukit

"Semoga dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Untuk di Mentuda, hari ini teknisinya turun," pungkas Ady.

(ruz)