Isdianto Targetkan Jembatan Baru di Marok Tua Lingga Beroperasi 9 Desember 2020

Isdianto Targetkan Jembatan Baru di Marok Tua Lingga Beroperasi 9 Desember 2020

Sebuah kegiatan masyarakat di jembatan kayu Marok Tua. Pemprov Kepri bakal merampungkan jembatan baru di desa ini dengan konstruksi baja. (Foto: linggakab.go.id)

Tanjungpinang - Pembangunan Jembatan di Desa Marok Tua, di Kabupaten Lingga ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Plt Gubernur Kepri Isdianto, Minggu (21/6/2020).

Jembatan ini akan menghubungkan Desa Marok Tua ke pusat kota di Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga.

"Saya minta kepada Pak Sekda dan Kadis PU Kepri agar pembangunan jemabatan ini bisa dioperasikan sebelum tanggal 9 Desember 2020," kata Isdianto.

Baca juga: Pemprov akan Bangun Jembatan Anak Tiri di Marok Tahun Depan

Sebelumnya pembangunan sempat dianggarkan pada APBD 2019 lalu, namun proyek tersebut gagal lelang. Hal ini mengakibatkan pelaksanaan pembangunan tidak jadi dilaksanakan.

"Kemarin itu gagal karena masa pengerjaannya sangat mepet, hingga tidak dapat dilaksanakan dan anggarannya juga tidak full sehingga tanggung, kita alokasikan di 2020 agar bisa selesai seluruhnya," ujarnya

Ia menargetkan proyek ini rampung tepat waktu, sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mendukung perekonomian.

"Selain untuk mempermudah akses transportasi, juga akan berdampak meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di sini," harap Isdianto.

Pembangunan Jembatan Desa Marok Tua ini dianggarkan di APBD Provinsi Kepri Tahun Anggaran (TA) 2020 dengan pagu anggaran sebesar Rp 13,6 Miliar untuk tahap pertama.

Baca juga: Alias Wello Minta Pembangunan Jalan Lintas Marok Kecil-Dabo Singkep Segera Diselesaikan

Pembangunan jembatan ini termasuk dalam paket proyek sterategis Pemprov Kepri tahun anggaran 2020. 

Pembangunannya sendiri dianggarakan di Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Dan Pertanahan (PUPRP) Provinsi Kepri.

Konstruksi jembatan memiliki panjang 200 meter, lebar 4,5 meter, dengan tipe jembatan bentang utama menggunakan rangka baja. 

(sut)