Diskan Lingga Panen Hampir 1 Ton Kerapu Catang di Pulau Mepar

Kepala Diskan Lingga, Kasiman yang ikut memanen Kerapu Catang di Desa Mepar (Foto:ist)

Lingga - Dinas Perikanan (Diskan) Lingga melakukan panen ikan Kerapu Catang hasil budidaya Kelompok Pembudidayaan Ikan (Pokdakan) Anugerah Nelayan Desa Mepar, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, Rabu (17/6/2020).

Panen dengan hasil mencapai 1 ton ini, merupakan panen pertama yang dilakukan Pokdakan Anugerah Nelayan, sejak penaburan benih ikan tersebut dilakukan pada Oktober 2019 lalu.

"Disaat pandemi, Pokdakan Anugerah Desa Mepar panen Kerapu hampir 1 ton. Pembelinya langsung datang dari Kijang. Kini Pokdakan Anugerah sudah terobati penderitaan selama Covid-19 ini," ucap Kepala Diskan Lingga, Kasiman kepada Batamnews, Rabu (17/6/2020) malam.

Sementara itu, Tenaga Pendamping Lapangan (TPL) Diskan Lingga wilayah kerja Kecamatan Lingga, Syahlian Pardi mengatakan, ada dua komoditi ikan yang dibudidayakan Pokdakan Anugerah, yakni Kerapu Catang dan Kakap Putih. Kedua bibit tersebut disalurkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepri.

"Untuk Kerapu Catang, itu bibitnya kemarin diberikan untuk Pokdakan ini sebanyak 2.500 ekor. Begitu juga dengan Kakap Putih. Tapi yang dipanen tadi itu baru Kerapu Catang dengan berat total 733,5 kilogram (kg), hampir 1 ton," ucap Syahlian.

Kerapu Catang yang dipanen tersebut kata dia langsung dibeli oleh penampung dari Pulau Sirai, Kijang, Kabupaten Bintan.

"Saya berharap uang yang didapat dari panen ini dapat disisihkan Pokdakan untuk beli bibit lagi, agar kegiatan budidaya ikan air laut ini bisa berkelanjutan. Jangan habis sampai disini saja," harap Syahlian.

Sebelumnya, pada awal Januari 2020 lalu, Pokdakan Harapan Jaya di Desa Mepar sudah lebih dulu melakukan panen Kerapu Catang yang kedua kali sejak masa pembibitan. Hasil panennya pun cukup lumayan yakni sebanyak 1,7 ton.

Baca: Diskan Lingga Panen 1,7 Ton Kerapu Catang di Desa Mepar

(ruz)