Tak Hanya Jadi Korban Pungli, Pemudik Juga Jadi Korban Kenaikan Ongkos Kapal Sepihak

Tak Hanya Jadi Korban Pungli, Pemudik Juga Jadi Korban Kenaikan Ongkos Kapal Sepihak

Ilustrasi petugas memeriksa pass pelabuhan di pelabuhan domestik Sekupang, Batam, beberapa waktu lalu. (Foto: Net)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Tak hanya menjadi korban pass pelabuhan domestik Sekupang, Batam, ternyata Yusuf, seorang penumpang kapal, juga menjadi korban kenaikan ongkos kapal yang tak sesuai aturan. Hampir setiap hari terjadi kenaikan ongkos di pelabuhan domestik Sekupang, Batam, Kepulauan Riau.

“Sejak tanggal 14 Juli hingga 16 Juli terjadi kenaikan tiket kapal. Setiap hari naik Rp 10 ribu,” ujar Yusuf, seorang penumpang kapal, Jumat (17/7/2015).

Yusuf menyadari itu setelah ia pada tanggal 14 Juli mengantar temannya yang hendak pulang kampung dengan menggunakan kapal laut melalui pelabuhan domestik.

“Saya mengantar teman pada 14 Juli harga tiket  Rp 180 ribu, kemudian tanggal 15 Juli menjadi Rp 190 ribu, pada saat saya pulang kampung tanggal 16 Juli, malah sampai Rp 200 ribu,” ujar Yusuf.

 

tiket kapal 

Tiket kapal ke Pulau Burung, Provinsi Riau Rp 200 ribu.

menambahkan, harga Rp 200 ribu tersebut, untuk tiket tujuan ke Pulau Burung, Provinsi Riau. Yusuf tak mengetahui untuk tiket ke sejumlah daerah lainnya.

“Itu ke Pulau Burung,” kata dia kepada batamnews. Menurut Yusuf, harga tiket di hari biasa ke Pulau Burung hanya berkisar Rp 160 ribu per orang.

Yusuf tak menyangka, padahal sebelumnya tidak ada pemberitahuan sama sekali terhadap penumpang atau bahkan sosialisasi dari pemerintah setempat.

Yusuf mengatakan, tiket itu ia beli di loket resmi penjualan tiket. “Saya beli di konter,” kata dia.

Sebelumnya, operator kapal telah menyatakan tidak ada kenaikan tarif kapal laut pada saat mudik. Pada tahun ini operator dan pemilik kapal tidak menaikkan tarif.

Begitu juga Gubernur Kepri HM Sani menyatakan operator kapal dilarang menaikkan tarif kapal tanpa izin dari pemerintah. Sani juga menegaskan, tidak ada kenaikan tarif kapal laut pada mudik Idul Fitri tahun ini.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews