Erupsi Gunung Raung

Bandara Juanda Surabaya dan Malang Ditutup, Ribuan Pemudik Batal Terbang

Bandara Juanda Surabaya dan Malang Ditutup, Ribuan Pemudik Batal Terbang

Ratusan penumpang antre pengembalian tiket. (foto: merdeka)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Otoritas penerbangan membatalkan belasan penerbangan dengan tujuan Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Malang pada Kamis (16/7), akibat penutupan Bandara Juanda Surabaya dan Banda Abdul Rahman Saleh Malang. Pembatalan ini belum dipastikan kapan berakhir akibat makin berbahayanya erupsi Gunung Raung.

Kapuskompublik Kementerian Perhubungan JA Barata menuturkan, penutupan Bandar Udara Internasional Juanda dan Abdul Rachman Saleh ini, berdasarkan NOTAM (Notice to Airmen) Nomor A1447/15 dan NOTAM Nomor C0552/15, yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

"Akibat persebaran abu vulkanik Gunung Raung di Jawa Timur pada hari ini, Bandara Udara Internasional Juanda, Surabaya dan Bandar Udara Abdul Rachman Saleh, Malang ditutup sementara," kata Barata.

Pembatalan penerbangan berlaku bagi lima maskapai yakni, Lion Air, Citilink, Batik Air, Garuda dan Air Asia. Pembatalan pertama terjadi pukul 11.30 WIB, untuk maskapai Batik Air.

"Yang pertama Batik Air pada pukul 11.30 WIB, Garuda 12.30 WIB, Lion Air 13.37 WIB dan Citilink 13.40 WIB," terang dia di Bandara Soekarno Hatta.

Sekalipun demikian, kata dia, jadwal pembrangkatan pukul 23.40 WIB, hingga kini belum dapat dipastikan.  

Maskapai penerbangan Citilink membatalkan setidaknya 28 penerbangan akibat penutupan Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Abdul Rachman Saleh Malang hari ini.

Direktur Operasional Citilink Hadinoto Soedigno menyebutkan, ribuan calon penumpang terpaksa batal terbang ke kampung halaman. "Ya kalau di total hampir 3.000-an penumpang batal (terbang)," ujar Hadinoto dilansir merdeka di Jakarta.

Dia menyebutkan, penerbangan Citilink dari dan menuju Surabaya dibatalkan. Setidaknya ada 18 penerbangan menuju Surabaya yang terpaksa dibatalkan. Sementara dari Surabaya, kata dia, 9 penerbangan dibatalkan.

"Sedangkan Malang cuma 1 fligt dari malang batal. Kalau dari luar malang, sudah masuk semua dari pagi. Pembatalan ini karena sudah keluar NOTAM ya," jelasnya.

Maskapai Garuda Indonesia membatalkan 11 penerbangan dengan total penumpang mencapai 2.200 orang.

Sementara belasan penerbangan Lion Air dan Batik Air juga dibatalkan.  Staff Departemen Service Lion Air Rangga DI menerangkan, jadwal penerbangan Lion Air sampai pukul 21.00 WIB, sudah ditutup secara resmi untuk pesawat JT 582, JT 588, dan JT 696. Ada pun penerbangan untuk pukul 23.40 WIB, belum dipastikan keberangkatannya. Lion sudah mengembalikan pembelian tiket (refund) kepada calon penumpang.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews