ABHi Klarifikasi Gangguan Pasokan Air Bersih di Happy Garden Batam yang Bikin Warga Protes

ABHi Klarifikasi Gangguan Pasokan Air Bersih di Happy Garden Batam yang Bikin Warga Protes

Warga Perumahan Happy Gargen Batam protes ke Kantor ABHi beberapa waktu lalu. (Foto: tangkapan layar)

Batam, Batamnews - PT Air Batam Hilir (ABHi) memberikan penjelasan terkait gangguan pasokan air bersih yang terjadi di Perumahan Happy Garden, Batu Selicin, Batam. Klarifikasi ini menyusul aksi protes warga yang mendatangi kantor PT ABHi di Batam Center pada Senin, 8 Juli 2024.

Ginda, Humas ABHi, dalam keterangannya pada Selasa, 9 Juli 2024, menjelaskan bahwa penyebab utama terhambatnya distribusi air ke wilayah tersebut adalah pekerjaan pengeboran jalan yang sedang berlangsung. 

"Pekerjaan ini membutuhkan waktu dan tidak memungkinkan penutupan total jalan umum," ujar Ginda.

Baca juga: Air Batam Alami Gangguan Lagi, Berikut Daftar Area Terdampak

Lebih lanjut, Ginda menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi terkait hal tersebut kepada perangkat RT/RW setempat sejak 7 Juni 2024. Ini menandakan bahwa ABHi telah berupaya untuk menginformasikan potensi gangguan pasokan air kepada masyarakat sebelum pekerjaan dimulai.

Sehari sebelumnya, pada Senin, 8 Juli 2024, warga Perumahan Happy Garden melakukan aksi protes dengan mendatangi kantor PT ABHi di Batam Center. Aksi yang didominasi oleh ibu-ibu rumah tangga ini menarik perhatian publik karena para peserta membawa peralatan rumah tangga seperti ember, gayung, dan galon sebagai simbol kesulitan mereka dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

Aksi protes tersebut viral di media sosial, dengan salah satu video menampilkan seorang warga yang berkata, "Hai gaezz, demo happy garden," sambil memukul-mukul ember kosong yang dibawanya.

Baca juga: Protes Krisis Air, Warga Happy Garden Datangi Kantor Air Batam Hilir Bawa Gayung dan Ember

Berdasarkan informasi yang dihimpun, masalah pasokan air bersih di Perumahan Happy Garden telah berlangsung selama kurang lebih tiga pekan. Situasi ini tentu saja menimbulkan kesulitan bagi warga dalam menjalani aktivitas sehari-hari yang membutuhkan air bersih.

Meskipun ABHi telah memberikan klarifikasi, belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan pasokan air akan kembali normal. Warga Perumahan Happy Garden dan masyarakat Batam pada umumnya berharap agar pihak terkait dapat segera menyelesaikan pekerjaan pengeboran jalan dan memulihkan distribusi air bersih ke wilayah tersebut.

Sementara itu, pihak berwenang dan pemangku kepentingan terkait diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah terulangnya masalah serupa di masa mendatang, serta memastikan ketersediaan air bersih yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews