Mengenal Rustani Nainggolan, Mahasiswa UMRAH Tanjungpinang dengan Segudang Prestasi

Mengenal Rustani Nainggolan, Mahasiswa UMRAH Tanjungpinang dengan Segudang Prestasi

Rustani Nainggolan, Mahasiswi UMRAH Tanjungpinang dengan segudang prestasi.

Tanjungpinang, Batamnews - Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepr. Kampus ini telah menorehkan banyak prestasi, baik dari segi institusi maupun mahasiswanya.

Salah satu mahasiswa berprestasi tersebut adalah Rustani Nainggolan. Wanita berusia 22 tahun ini baru saja memenangkan penghargaan Best Presentation dan Silver Medal dalam Lomba Essay Tingkat Nasional di Universitas Dhyana Pura, Bali.

Rustani, yang dikenal aktif di kampus, berbagi kisah lika-liku perjalanannya mengikuti berbagai lomba. Dengan jadwal yang padat, Rustani harus membagi waktu antara kuliah, mengajar, dan mempersiapkan diri untuk lomba. 

Namun, tantangan tersebut tidak membuatnya patah semangat, malah semakin giat dan bersemangat. Ia menikmati proses lomba karena hobinya menulis karya ilmiah, sering kali terinspirasi oleh keadaan kampus yang ia hubungkan kembali dengan ilmu kimia sesuai jurusannya.

Baca juga: Diding Grimon, Binaragawan Riau Ukir Prestasi di Kancah Dunia

Salah satu karya ilmiahnya adalah tentang pemanfaatan limbah kulit kerang yang banyak dihasilkan oleh nelayan di sekitar Kepulauan Riau. Dari penelitian tersebut, Rustani menemukan bahwa limbah kulit kerang dapat dijadikan paving block. 

Ia berharap karya ilmiah ini dapat menginspirasi masyarakat untuk mengelola limbah kerang secara lebih berguna dan membuat kampus UMRAH semakin dikenal. Semangat Rustani dalam mengikuti lomba juga didorong oleh kesempatan untuk jalan-jalan bersama teman-temannya. 

Beberapa prestasi yang telah diraihnya antara lain:

  • Participants Sakura Science Program in Japan 2019
  • Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Mahasiswa se-Nasional 2022 di Universitas Siliwangi
  • Juara 1 Lambung Mangkurat Statistic Competition (LMSCI)
  • Penulis Terpilih Awanarasi Buku December with You 2022
  • Juara 4 Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas 2023
  • Penerima Beasiswa Bank Indonesia 2023
  • Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional Agustus 2023
  • Juara 3 Lomba Essay Tingkat Universitas dalam Pekan Ilmiah Sosiologi

Baca juga: Ini Profil Pembalap Muda Berprestasi, Veda Ega Pratama, Calon Penerus Marc Marquez di Dunia Balap Motor

  • Finalis 10 Besar Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional di Universitas Jambi 2023
  • Pemateri Seminar Infografis dan Karya Tulis Ilmiah di Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan 2023
  • Presenter 3rd Maritime Continent Fulcrum International Conference (MaCIFIC) 2023
  • Presenter 2nd International Conference on Mechanical Engineering (ICOME) 2023
  • Juara 1 Lomba Essay Nasional dalam Olimpiade Akuntansi Nasional 2023
  • Pemateri Public Speaking Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia - November 2023
  • Juara 1 Lomba Essay Pendidikan di Universitas Jambi November 2023
  • Juara 1 Lomba Essay Nasional pada Pekan Ilmiah di Universitas Nusantara PGRI Kediri April 2024
  • Juara 1 Lomba Essay Nasional pada Event ke-38 Menulis Essay Nasional 2024 April 2024
  • Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas & Lolos Ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) ke Tingkat Nasional dari Wilayah X dan Wilayah XVII - Mei 2024

Baca juga: Berprestasi dan Mampu Tingkatkan Pelayanan Publik, 16 Polisi di Lingga Terima Penghargaan

  • Juara 1 Tes ONMIPA Tingkat Universitas Bidang Kimia dan Lolos Seleksi Tingkat Nasional dalam Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) Bidang Kimia di Universitas Hasanuddin, Makassar - Mei 2024.

Prestasi tersebut tentu diraih dari kerja keras, konsistensi dalam belajar, serta dukungan dari kedua orang tuanya.

“Hidup ini terlalu singkat untuk tidak mengeksplorasi semua yang dunia tawarkan kepada kita. Jangan biarkan ketakutan membatasi potensi yang ada di dalam diri kita. Intinya, mulai aja dulu. Hal penting yang harus kita tanamkan saat kita ingin mencoba adalah tekad yang kuat,” pesan Rustani.

Ia berharap mampu menginspirasi banyak orang dengan prestasinya. Menurutnya, prestasi tidak hanya diukur dari keberhasilan pribadi, tetapi juga dari seberapa besar manfaat yang diberikan kepada orang di sekitar.

Baca juga: Prestasi Gemilang Atlet Kepri di SEA Games 2023: Gubernur Ansar Bangga, Legislator Minta Pemprov Beri Penghargaan

“Manfaatkan peluang yang ada dengan sebaik-baiknya. Prestasi yang gemilang adalah balasan paling elegan untuk setiap kata-kata orang yang merendahkan kita. Cari lingkungan yang mendukung, di mana kamu bisa berkembang dan pencapaianmu diapresiasi,” tambahnya.

Selain itu, latar belakang dari semangatnya, Rustani mengikuti berbagai lomba adalah kecintaannya pada perjalanan keluar kota dan luar negeri. Ia memanfaatkan potensi dalam dirinya melalui lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional hingga internasional.

Penulis: Juwita Lasmaria Sinaga


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews