Menelusuri Jejak Keterkaitan Kampung Pahang di Daik Lingga dengan Negeri Pahang di Malaysia

Menelusuri Jejak Keterkaitan Kampung Pahang di Daik Lingga dengan Negeri Pahang di Malaysia

Plang nama masjid di Kampung Pahang yang ada di Daik Lingga. (Foto: ist)

Lingga, Batamnews - Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), yang pernah menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Riau - Lingga - Johor - Pahang, menyimpan banyak sejarah, budaya dan tradisi menarik untuk diulas.

Mulai dari tapak istana, benteng-benteng pertahanan, hingga makam-makam para sultan dapat ditemukan di daerah yang berjuluk Negeri Bunda Tanah Melayu ini. Hal lain yang juga menarik adalah kesamaan nama kampung di Daik Lingga dengan negeri-negeri di Malaysia, salah satunya Negeri Pahang.

Ya, di Daik Lingga ada Kampung Pahang yang terletak di Kelurahan Daik Sepincan, Kecamatan Lingga. Namanya sekilas mirip dengan Negeri Pahang di Malaysia. Apakah ada keterkaitan kedua nama tersebut?

Baca juga: Menelusuri Jejak Benteng Bukit Cening Bukti Sejarah Pertahanan Kerajaan Riau-Lingga

Lazuardy, seseorang yang peduli dengan sejarah dan budaya di Kabupaten Lingga ketika dihubungi batamnews.co.id mengungkapkan bahwa Kampung Pahang di Daik Lingga dan Negeri Pahang di Malaysia, menurut cerita memang memiliki keterkaitan.

"Maaf, menurut cerita bahwa perpindahan pusat Kesultanan Riau - Lingga - Johor - Pahang ke Daik Lingga 24 Juli 1787, tidak terlepas dari keikutsertaan sebagian kecil orang Pahang yang memang ditempatkan disitu (Kampung Pahang)," kata dia kepada batamnews.co.id, kemarin.

Namun ia menyebut, orang Pahang yang ditempatkan di Kampung Pahang tersebut hanya sekelompok kecil, makanya lokasi perkampungan itu tidak luas. Sedangkan sebagian besar kembali ke Pahang Malaysia dari Hulu Riau.

"Dan lama kelamaan orang asli Pahang di Daik ada yang kembali ke Pahang Malaysia, sehingga tinggal lah orang tempatan dan berkemungkinan ada juga keturunannya. Jadi perlu dikaji ulang dari sisi tradisi, dialek, kebiasaan, adat istiadat, juadah dan lainnya untuk mencocokan kesamaan dan lain lain," jelas dia.

Baca juga: Asal Usul Nama Pulau Mepar di Lingga, dari Lepar Menjadi Mepar

Pria yang akrab disapa Pak Ucu War ini menyebutkan, peradaban Melayu Kesultanan Riau - Lingga di Daik dan menurut penelitian dan temuan di lokasi sekitar Kampung Pahang, menunjukkan bahwa disana telah bermula berabad-abad sebelumnya, awal berdirinya Kesultanan Riau - Lingga di Daik.

"Semoga ada yang mau meneliti lagi sejauh mana kesamaan dan kedekatan antara orang Pahang Malaysia dan Pahang di Daik dulunya, serta jalinan terkini. Sebab banyak orang Lingga di Pahang Malaysia mencari susur galur kekeluargaan di Daik dan sebaliknya yang merupakan kaid kelindan sejak dari dulu," pungkas dia.

Sebagaimana diketahui, Kampung Pahang di Daik Lingga berada di Kelurahan Daik Sepincan. Kampung ini berhampiran dengan sungai yang bermuara ke Kuala Daik. Kampung ini juga bersebelahan dengan Kampung Sepincan.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews