Anambas Tawarkan Kerupuk Atom, Cumi Dendeng hingga Beragam Kuliner di Stand Bazar MTQH Kepri 2024

Anambas Tawarkan Kerupuk Atom, Cumi Dendeng hingga Beragam Kuliner di Stand Bazar MTQH Kepri 2024

Jajanan khas Anambas di Stand Bazar MTQH Kepri 2024. (Foto: Mutiara/Batamnews)

Batam, Batamnews - Ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an dan Hadist (MTQH) X tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang digelar di Alun-alun Engku Putri, Kota Batam, resmi digelar, 20-27 Mei 2024.

Selain syiar islam, ada banyak hal menarik dalam pelaksanaan musabaqah ini. Diantaranya, dengan hadirnya stand bazar dari 7 kabupaten/kota se-Kepri yang menampilkan ciri khas masing-masing daerah.

Stand Bazar Kabupaten Anambas misalnya. Berbagai makanan khas daerah yang menjadi sorotan dan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung ditampilkan. Yang terkenal adalah Kerupuk Atom Anambas. Selain itu juga banyak kuliner lainnya yang juga menggugah selera.

Baca juga: Pembukaan MTQH X Kepri Berlangsung Meriah di Batam, Gubernur Ansar Singgung Dewan Hakim

Berikut beberapa makanan khas Anambas yang bisa didapatkan di Stand Bazar MTQH Kepri 2024 di Batam.

1. Lakse Kuah
Lakse Kuah merupakan salah satu hidangan khas yang sangat populer di Anambas. Hidangan ini terdiri dari mie yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan kuah kari ikan yang gurih dan lezat. 

Kuah kari yang kaya rempah ini memberikan cita rasa yang khas dan menggugah selera. Saat MTQ, Lakse Kuah sering menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin mencicipi kelezatan autentik Anambas.

2. Madu Hutan Anambas 
Dikenal karena kemurniannya, madu ini dihasilkan dari hutan-hutan yang masih asri dan bebas polusi. Madu ini dikemas di dalam botol mini.

Baca juga: Batik Modern Curi Perhatian di Standard Bazar Kota Tanjungpinang Pada MTQH Kepri 2024

3.  Sirup Buah Pala
Minuman manis yang dibuat dari ekstrak buah pala yang dicampur dengan gula dan air. Sirup ini memiliki warna kemerahan dengan rasa manis dan sedikit pedas yang khas dari buah pala, memberikan sensasi rasa yang menyegarkan dan unik.

4. Cumi Dendeng
Salah satu makanan khas yang unik dari Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Menggabungkan teknik pengolahan dendeng dengan bahan dasar cumi-cumi segar, hidangan ini menawarkan rasa yang gurih, manis, dan sedikit pedas, serta tekstur yang kenyal dan renyah. 

Selain itu masih banyak lagi kuliner lainnya yang ditampilkan oleh Stand Kabupaten Anambas di Batam saat pagelaran MTQH 2024 ini. Jadi buat Anda yang ingin menikmati kuliner Anambas, bisa datang langsung ke stand bazar di Alun-alun Engku Putri.

Penulis: Mutiara Prastika


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews