Dishub Lingga Percepat Operasional Trayek Pelayaran Tanjung Buton-Dabo Singkep Jelang Ramadan

Dishub Lingga Percepat Operasional Trayek Pelayaran Tanjung Buton-Dabo Singkep Jelang Ramadan

Kadishub Lingga Hendry Efrizal, S.Sos, Kepala Bidang Laut Ardiyansyah, S.Sos, M.IP, Kasi Keselamatan dan Pelayanan Wahyudi, S.Tr, dan staf bidang laut bertemu Kepala BUP Kepri. (Foto: istimewa)

Lingga, Batamnews - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lingga melakukan pertemuan langsung dengan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Kepulauan Riau (Kepri), di Tanjungpinang pada Jumat, 8 Maret 2024. 

Pertemuan ini dihadiri oleh Kadishub Lingga Hendry Efrizal, S.Sos, Kepala Bidang Laut Ardiyansyah, S.Sos, M.IP, Kasi Keselamatan dan Pelayanan Wahyudi, S.Tr, dan staf bidang laut. Dari pihak BUP Kepri, hadir langsung Direktur PT. Pelabuhan Kepri Capt. Awaludin, M.Mar beserta anggota tim yang menjabat di berbagai posisi.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk memastikan operasional trayek pelayaran Tanjung Buton-Dabo Singkep yang sempat tertunda. 

Awalnya diinformasikan oleh BUP bahwa kapal speed yang akan melayani trayek tersebut dijadwalkan tiba pada 28 Februari 2024 dan beroperasi mulai 1 Maret 2024. Namun, terdapat kendala teknis yang menyebabkan penundaan kedatangan dan pengoperasian kapal.

Baca juga: Erwan Bachrani Paling Potensial Maju sebagai Wakil Bupati Lingga di Pilkada 2024, Ini Alasannya!

"Dari hasil koordinasi, BUP sudah menyediakan kapal pengganti untuk pelayanan nantinya. Namun, kita masih menunggu proses pengurusan dokumen kapal yang belum lengkap," ucap Kadishub ketika dikonfirmasi Batamnews, Sabtu, 9 Maret 2024.

BUP berkomitmen untuk mempercepat proses tersebut agar layanan pelayaran dapat segera beroperasi, dengan estimasi waktu penyelesaian pengurusan dokumen sekitar satu minggu.

Lebih lanjut, kedua belah pihak mencapai kesepakatan bahwa operasional kapal speed di trayek Tanjung Buton-Dabo Singkep diharapkan dapat berlangsung pada bulan Ramadan. 

"Kami menekankan kepada BUP Kepri untuk bersungguh-sungguh dalam memenuhi kebutuhan armada bagi Kabupaten Lingga, khususnya karena sebagai wilayah perairan, sangat membutuhkan angkutan penumpang melalui laut," tambah Hendry Efrizal.

Baca juga: Dua Peserta MTQH Ke-X Lingga, Andika Pangestu dan Emi Susanti Raih Bonus Umroh

Selain itu, pertemuan tersebut juga membahas tentang koordinasi armada penumpang dan angkutan barang melalui transportasi laut untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Bupati Lingga M.Nizar, S.Sos, melalui Hendry Efrizal, berharap kepada pihak operator PT. Pelabuhan Kepri (Perseroda) untuk tidak hanya melayani rute Tanjung Buton-Dabo Singkep tetapi juga mengupayakan layanan pelayaran ke Pulau Berhala dan Kampung Laut Desa di Jambi, guna menunjang kunjungan pariwisata. 

Selain itu, diharapkan adanya tambahan armada laut untuk menghubungkan konektivitas pelayanan pelayaran di wilayah perairan laut Kecamatan Kepulauan Posek dan sekitarnya.

Koordinasi ini menandai langkah positif dalam upaya pemenuhan kebutuhan transportasi laut di Kabupaten Lingga, sekaligus membuka akses lebih luas untuk peningkatan pariwisata dan ekonomi lokal.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews