Stok Darah PMI Kota Batam Aman, Komunitas Golongan Darah O Terbanyak

Stok Darah PMI Kota Batam Aman, Komunitas Golongan Darah O Terbanyak

Dr. Saul Melvin, Kepala Bidang Pelayanan Donor PMI Kota Batam. (Foto: Annas/Batamnews)

Batam, Batamnews - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam mengumumkan bahwa stok darah di kota tersebut dalam kondisi aman dan cukup. Pernyataan ini disampaikan oleh Dr. Saul Melvin, Kepala Bidang Pelayanan Donor PMI Kota Batam, dalam konferensi pers di Kantor PMI Kota Batam pada Jumat, 8 Maret 2024.

Sebelumnya, PMI Kota Batam mengalami kendala teknis terkait pembaruan stok darah di server mereka, namun masalah tersebut telah berhasil diatasi. Dr. Saul Melvin menjelaskan bahwa komunitas golongan darah O merupakan kelompok dengan stok darah terbanyak, diikuti oleh golongan darah B, A, dan AB.

"Dengan kondisi stok darah yang aman, rumah sakit di Kota Batam yang memiliki bank darah tidak perlu datang ke PMI Kota Batam untuk mengambil stok darah. Mereka cukup menghubungi bank darah di rumah sakit masing-masing," ujar Dr. Saul Melvin.

Baca juga: Ombusdman Kepri Lakukan Donor Darah Dalam Rangka HUT ke 12

Namun, terdapat kendala yang dihadapi oleh para pendonor, terutama terkait dengan ketersediaan waktu untuk mendonorkan darah. Menjelang bulan Ramadhan, biasanya terdapat penurunan jumlah pendonor karena beberapa di antara mereka merasa takut atau khawatir untuk mendonor selama bulan puasa.

"Kami menghadapi sedikit kendala terkait waktu aktivitas para pendonor, terutama menjelang bulan Ramadhan. Namun, kami berupaya untuk terus mengkoordinasikan dengan berbagai pihak, termasuk TNI, Polri, dan komunitas lainnya, untuk melakukan donor darah secara rutin," tambah Dr. Saul Melvin.

PMI Kota Batam juga mengucapkan terima kasih kepada Polri, TNI, dan komunitas lainnya atas kerja sama dan koordinasi yang telah terjalin dalam mendukung kegiatan donor darah. 

Baca juga: Sambut Hari Armada Ke-78, Lanal TBK Gelar Baksos Donor Darah

Selain itu, PMI Kota Batam juga menghimbau masyarakat untuk tetap melakukan donor darah setiap 2-3 bulan sekali, guna membantu orang-orang yang membutuhkan stok darah dan juga untuk meningkatkan kesehatan para pendonor.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews