Pasukan Operasi Keselamatan Lancang Kuning Dikerahkan untuk Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas di Riau

Pasukan Operasi Keselamatan Lancang Kuning Dikerahkan untuk Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas di Riau

Penjabat Gubernur Riau (Pj Gubri), SF Hariyanto, menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan yang digelar di Lapangan Mapolda Riau, Jalan Pattimura Pekanbaru, Sabtu, 2 Maret 2024. 

Pekanbaru, Batamnews - Penjabat Gubernur Riau (Pj Gubri), SF Hariyanto, menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan yang digelar di Lapangan Mapolda Riau, Jalan Pattimura Pekanbaru, Sabtu, 2 Maret 2024. 

Kegiatan ini merupakan agenda Polda Riau dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap aturan lalu lintas serta mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, menekankan urgensi untuk meningkatkan disiplin berlalu lintas dan mengurangi pelanggaran yang dapat mengancam keselamatan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. 

Baca juga: Omset Capai Rp18 Miliar, Sindikat Judi Online High Domino di Dumai Dibekuk Polisi

"Kita tahu bersama bahwa sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadan 1445 Hijriah dan Insyaallah juga akan segera memasuki operasi ketupat yaitu hari raya Idulfitri. Oleh karena itu, Polri mencanangkan apel gelar pasukan operasi keselamatan Lancang Kuning tahun 2024 sekaligus pencanangan aksi keselamatan jalan," ujar Kapolda.

Lebih lanjut, Kapolda Riau menjelaskan bahwa tugas Polri dan TNI tidak hanya terbatas pada urusan lalu lintas, tetapi juga termasuk pengamanan dalam proses rekapitulasi pleno tingkat KPU kabupaten/kota. Oleh karena itu, sinergitas dengan seluruh instansi dan elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk mengedukasi aksi keselamatan di jalan.

"Polri dan Polda Riau paham sekali, bahwa kami tidak bisa bekerja sendiri, apalagi tentang keselamatan di jalan. Banyak elemen masyarakat dan stakeholder terkait dari pendidikan lalu lintas sejak dini sampai ke manula yang menggunakan fasilitas jalan yang tidak berhenti sampai kapanpun selama dunia ini berputar," ucapnya.

"Oleh karena itu kami lewat apel hari ini menggugah ingin meminta dedikasi semua stakeholder untuk bersama-sama berkontribusi, mari kita melaksanakan aksi keselamatan di jalan," sambung Kapolda.

Baca juga: Polres Pelalawan Ungkap Peredaran Sabu 5 Kg dan 3.250 Pil Happy Five, Lima Pengedar Ditangkap

Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2024 bukan hanya sekadar operasi rutin, tetapi juga momentum penting bagi semua pihak untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari, mulai dari tanggal 4 Maret hingga 17 Maret 2024, dengan mengedepankan upaya-upaya simpatik, humanis, preventif, dan preemtif.

Diharapkan, pencanangan aksi keselamatan jalan dapat menjadi langkah nyata dalam mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut serta dalam menjaga keselamatan berlalu lintas, sehingga dapat tercipta budaya keselamatan yang lebih baik di masyarakat serta menurunkan angka kecelakaan dan korban jiwa di jalan raya bumi Lancang Kuning.

"Penegakan hukum bisa dilaksanakan, tetapi ultimum remedium upaya yang terakhir pada skala prioritas pelanggaran lalu lintas yang mengakibatkan kecelakaan dengan fatalitas tinggi baru dilakukan upaya-upaya penegakan hukum. Oleh karena itu lewat mimbar ini saya selaku Kapolda memohon sangat kami tidak bisa bekerja sendiri. Tolong bantu dengan maksimal untuk kita semua," pungkas Kapolda Riau.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews