Banjir di Rokan Hilir Jelang Hari Pencoblosan, 100 TPS Terendam

Banjir di Rokan Hilir Jelang Hari Pencoblosan, 100 TPS Terendam

Banjir di beberapa kabupaten di Riau.

Riau, Batamnews - Sebanyak 100 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, tenggelam akibat banjir beberapa minggu menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Polres Rokan Hilir bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat gencar berkoordinasi untuk mengatasi dampak banjir yang dikhawatirkan dapat menghambat kelancaran penyelenggaraan Pemilu.

Kapolres Rokan Hilir, AKBP Andrian Pramudianto, menyatakan keprihatinan atas kondisi tersebut. Banjir telah melanda 29 desa dan kepenghuluan di 8 kecamatan, yaitu Rantau Kopar, Pujud, Tanjung Medang, Tanah Putih, TPTM, Bangko Pusako, Rimba Melintang, dan Kubu.

Baca juga: Prabowo Hadir di Kota Batam, Curhat Ke Pendukug Saya Dikasi Nilai Jelek

Desa-desa yang terkena dampak banjir antara lain Sei Rangau, Rantau Kopar, Sekapas, Bagan Cempedak, Bagan Baru, Kasang Bangsawan, Pujud Selatan, Babussalan Air Hitam, Sungai Pinang, Pujud, Tangga Batu, Meranti, Kabong, Teluk Berembun, Putat, Rantau Bais, Ujung Tanjung, Labuhan Papan, Bangko Kanan, Bangko Mukti, Bangko Makmur, Sungai Manasib, Pematang Ibul, Karya Mukti, Teluk Nilap, Seimajo, Tanjung Leban, dan Sungai Segajah.

Selain menggenangi rumah penduduk, banjir juga merendam 27 sekolah dari tingkat SD hingga SMA. Di antara sekolah-sekolah yang terdampak adalah SDN 06 Rantau Kopar, SMP Negeri 1 Rantau Kopar, dan SMA Negeri 1 Rantau Kopar di Rantau Kopar. 

Sementara di Kubu, SDN 02 dan SDN 04 Kepenghuluan Teluk Nilap Kubu Babussalam, serta SMPN 02 Kepenghuluan Teluk Nilap ikut terendam.

Baca juga: Pendukung Prabowo Mengabadikan Momen saat Jabat Tangan dengan Warga, Sampai Berlutut 

Kapolres Andrian mengungkapkan, "Kami sudah mendirikan dapur umum untuk masyarakat yang terkena dampak banjir. Ratusan personel kepolisian dan TNI selalu siaga di lokasi banjir, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, kepenghuluan, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Puluhan kendaraan juga telah disediakan untuk keperluan evakuasi dan distribusi bantuan."

Selain upaya penanganan, pihak kepolisian juga rutin berpatroli dan menyosialisasikan Kamtibnas kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan menjaga keselamatan diri, barang, serta harta benda masing-masing. 

Polres Rohil turut memberikan bantuan sembako dan kebutuhan bayi serta balita sebagai bentuk kepedulian terhadap warga yang terdampak banjir.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews