Jokowi Buat Platform Media Sosial Khusus ASN Dinamakan SmartASN, Mirip Tiktok dan Instagram 

Jokowi Buat Platform Media Sosial Khusus ASN Dinamakan SmartASN, Mirip Tiktok dan Instagram 

SmartASN aplikasi media sosial khusus ASN.

Jakarta, Batamnews - Pemerintah Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi telah meluncurkan platform media sosial inovatif untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diberi nama SmartASN. 

Bukan hanya sebagai alat interaksi di dunia maya, SmartASN juga bertujuan menjadi wadah pembelajaran dan pengembangan diri bagi para ASN. Dalam tahap awal, platform ini dijadikan pilot project di 78 kementerian dan lembaga, serta Otorita Ibu Kota Negara (IKN).

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menjadi motor pengembangan platform ini, dengan tujuan memberikan wadah kolaborasi digital bagi seluruh ASN. 

Menurut Asisten Deputi Percepatan Transformasi Digital Manajemen SDM Aparatur Kementerian PANRB, Katmoko Ari Sambodo, pilot project saat ini melibatkan berbagai kementerian dan lembaga, serta Otorita IKN. Pada tahun 2024, rencananya pilot project akan diperluas ke pemerintah daerah.

Baca juga: McDermott Dapatkan Kontrak Proyek Lapangan Gas Manatee

Platform SmartASN dirancang seperti media sosial umumnya, memudahkan pengguna untuk berbagi status tanpa batasan karakter, mengikuti dan berinteraksi dengan sesama pengguna. 

Selain itu, platform ini juga menyediakan modul pembelajaran dalam berbagai bentuk, termasuk buku elektronik, audio book, rekaman podcast, talkshow, dan informasi mengenai acara seperti webinar atau seminar.

Pengguna juga dapat membentuk kelompok belajar, di mana beberapa di antaranya berperan sebagai pembelajar dan yang lainnya sebagai pakar. Platform ini juga memiliki fitur kuis yang dapat diatur oleh pengguna, memberikan fleksibilitas dalam waktu dan materi pembelajaran.

Salah satu fitur menarik dari SmartASN adalah kemampuannya untuk memfasilitasi pengembangan diri individu melalui fitur talenta. Pengguna dapat menyampaikan rencana atau target pengembangan diri serta aspirasi terkait rencana posisi jabatan di masa depan.

Baca juga: Kepala BP Batam Muhammad Rudi Hadiri penyerahan DIPA 2024 di Istana Negara

Ari menjelaskan bahwa platform ini bukan hanya tentang pembelajaran, tetapi juga melibatkan kompetisi positif. 

Setiap ASN dapat berpartisipasi dalam event SmartASN Phoria, di mana penghargaan seperti Postingan Paling Inspiratif, Konten Pembelajaran Terbaik, Kontributor Pembelajaran Terfavorit, dan Instansi Piloting Terbaik akan diberikan kepada yang berprestasi. Pemenang event akan menerima hadiah berupa smartwatch.

Soft launching platform digital SmartASN telah dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas pada 25 Oktober di Jakarta. 

Platform ini diharapkan dapat mewujudkan manajemen ASN yang lebih efisien dan mendukung konsep kota cerdas (Smart City) di Ibu Kota Negara Nusantara pada tahun 2024. 

Dalam acara peluncuran tersebut, hadir Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini, Deputi Bidang SDM Aparatur Alex Denni, Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya, serta berbagai tamu undangan lainnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews