5 Rekomendasi Film Tentang Palestina dengan Kisah Kemanusiaan

5 Rekomendasi Film Tentang Palestina dengan Kisah Kemanusiaan

Ilustrasi via CNBC Indonesia.

Batam, Batamnews - Palestina bukan hanya dikenal sebagai tanah suci bagi agama Samawi dan sejarah manusia ribuan tahun, melainkan juga melalui berbagai judul film yang mengandung makna kemanusiaan.

Film-film asal Palestina atau yang berlatar di Palestina seringkali menghadirkan kisah-kisah yang menyentuh hati mengenai perjuangan hidup di bawah ancaman perang yang selalu mengintai. Berikut ini adalah rekomendasi 5 film berlatar masyarakat Palestina yang patut Anda tonton.

1. Tel Aviv on Fire (2018)

Film "Tel Aviv on Fire" mengisahkan kisah Salam, seorang warga Palestina di Yerusalem yang terlibat dalam sebuah proyek sinetron di Ramallah. Suatu hari, ia mendapatkan ide brilian di pos pemeriksaan yang harus ia lewati setiap hari, yang berpengaruh besar pada karirnya. Film ini merupakan drama-komedi satire yang melibatkan beberapa negara seperti Israel, Luxembourg, Belgia, dan Prancis. Tel Aviv on Fire pertama kali ditayangkan di Venice Film Festival 2018 dan kini dapat dinikmati di Klik Film.

Baca juga: Gempuran Perang Israel-Gaza Makin Ngeri, Lebih 3 Ribu Orang Tewas

2. Omar (2013)

Kisah seorang pemuda pembuat roti di Palestina bernama Omar, yang sering memanjat dinding batas Tepi Barat demi bertemu dengan kekasihnya. Suatu saat, Omar rela menjadi informan bagi pasukan Israel setelah terjebak dalam kasus kematian seorang tentara Israel. Film drama ini, yang disutradarai oleh Hany Abu-Assad, pertama kali ditayangkan di Cannes Film Festival 2013 dan juga tampil di Toronto International Film Festival. Film Palestina ini juga meraih nominasi Best Foreign Language Film di Academy Awards 2014.

3. The Present (2020)

Film pendek asal Palestina ini mengisahkan seorang ayah bernama Yusef dan putrinya yang tinggal dalam kawasan kantong Palestina di Tepi Barat yang diduduki oleh Israel. Mereka mengalami pengalaman tak terlupakan saat mencoba keluar dari Tepi Barat untuk mencari kado pernikahan Yusef dan istrinya. Film ini awalnya didistribusikan oleh Netflix dan pertama kali ditayangkan di Clermont-Ferrand International Short Film Festival. "The Present" (2020) juga meraih berbagai penghargaan, termasuk BAFTA Award for Best Short Film 2021, dan meraih nominasi Academy Award for Best Live Action Short Film.

Baca juga: Mengenal Kekuatan dan Kelemahan Iron Dome Milik Israel dalam Menghadapi Serangan Roket

4. A Bottle in a Gaza Sea (2011)

Film "A Bottle in a Gaza Sea" bercerita tentang seorang perempuan imigran Prancis berusia 17 tahun di Yerusalem yang meragukan kehidupannya setelah menghadapi insiden bom di kafe lokal. Ia menuliskan pertanyaannya di atas selembar kertas dan meletakkannya dalam sebuah botol yang kemudian dilemparkannya ke Laut Gaza. Botol tersebut diterima oleh seorang pemuda Palestina di Gaza.

5. 3000 Nights (2015)

Film "3000 Nights" mengisahkan perjuangan seorang perempuan Palestina yang terpaksa melahirkan di balik jeruji besi. Setelah melahirkan, ia berjuang untuk melindungi bayinya dan tetap bisa hidup di dalam penjara. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Mai Masri dan pertama kali ditayangkan di Toronto International Film Festival 2015. "3000 Nights" merupakan hasil kerja sama antara beberapa negara, yaitu Palestina, Prancis, Yordania, dan Libanon.

Film-film ini adalah contoh nyata bagaimana seni perfilman mampu mengangkat kisah-kisah manusia yang menginspirasi dan menyentuh hati, sambil memberikan wawasan mendalam tentang kehidupan di Palestina.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews