Tinjau Lokasi, Perpusnas RI Bakal Bangun Perpustakaan Daerah di Lingga

Tinjau Lokasi, Perpusnas RI Bakal Bangun Perpustakaan Daerah di Lingga

Tim dari Perpusnas RI didampingi Kepala Barenlitbang dan Kadis Perpustakaan serta beberapa pejabat Pemkab Lingga meninjau lokasi pembangunan gedung perpustakaan daerah Pemkab Lingga. (Foto: istimewa)

Lingga, Batamnews - Kepala Barenlitbang bersama Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lingga mendampingi Tim Pengawasan Lapangan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI ke titik lokasi Rencana Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lingga yang dikhususkan dari DAK Fisik Subbidang Perpustakaan Tahun Anggaran 2024, Selasa (3/10 /2023).

Dalam kunjungan tersebut, Kadis Perpustakaan dan Arsip Said Rudifallo menyatakan bahwa setelah tim survei turun ke lapangan, mereka menyimpulkan bahwa rencana pembangunan perpustakaan daerah telah memenuhi persyaratan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Lingga.

“Mudah-mudah dengan kesesuaian persyaratan yang diberikan akan memudahkan kita untuk melanjutkan ke tahap berikutnya,” ujarnya.

Baca juga: Reakreditasi Puskesmas di Lingga, Ketua FKKS: Penting untuk Pelayanan Kesehatan Terbaik

Verifikasi lapangan ini adalah tindak lanjut dari hasil verifikasi dan penilaian data yang telah diinput oleh pemerintah Kabupaten Lingga dalam aplikasi Krisna DAK dan hasil sinkronisasi sebelumnya pada bulan Agustus.

Hasil penilaian dan sinkronisasi tersebut memungkinkan Kabupaten Lingga menjadi salah satu lokasi prioritas calon penerima Dana Alokasi Khusus (DAK) subbidang perpustakaan tahun 2024 untuk pembangunan gedung layanan perpustakaan, perabotan, dan peralatan TIK.

Untuk memastikan kesiapan dan keakuratan data yang disampaikan oleh Pemkab Lingga, Perpustakaan Nasional menugaskan 2 orang tim DAK Perpusnas untuk melakukan verifikasi dan kunjungan lapangan ke lokasi rencana pembangunan gedung layanan perpustakaan Kabupaten Lingga pada tanggal 3-4 Oktober 2023.

Baca juga: Resep Kue Telur Belangkas, Kuliner Tradisional Khas Kabupaten Lingga

Hasil verifikasi menunjukkan bahwa Pemkab Lingga telah memperbaiki kekurangan yang diminta oleh tim penilai DAK Perpusnas saat sinkronisasi di Jakarta menggunakan aplikasi Krisna DAK.

Selain itu, hasil penilaian lapangan menunjukkan bahwa lokasi rencana pembangunan gedung layanan perpustakaan sudah sesuai dengan tagging pada aplikasi Krisna DAK. Lokasi ini juga dianggap strategis karena berdekatan dengan beberapa kantor pemerintahan dan sekolah.

Meskipun belum ada angkutan umum menuju lokasi, akses jalan ke sana sudah cukup baik. Selanjutnya, Pemkab Lingga melalui Dinas Perpustakaan akan mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk pembahasan Rencana Kegiatan (RK) yang dijadwalkan pada akhir November atau awal Desember 2023.

Baca juga: Perindo Lingga Serahkan Pencermatan Rancangan DCT, Ada Nama Baru dalam Komposisi Caleg

Hal ini terutama terkait RAB dana penunjang untuk memenuhi pagu yang akan dialokasikan oleh pemerintah. Jika RK disetujui, tim PPK akan segera dibentuk untuk melaksanakan DAK 2024.

Selain pembangunan gedung, perencanaan juga dilakukan agar gedung layanan perpustakaan dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat, dengan penyusunan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan literasi di Kabupaten Lingga.

Kunjungan Tim Perpusnas RI juga dihadiri oleh Pengelola Perencanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Kabupaten Lingga Subbidang Perpustakaan dari Barenlitbang Kabupaten Lingga, Perwakilan BPKAD Kabupaten Lingga, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lingga, serta Perwakilan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Lingga.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews