Cardiovascular Summit 2023: Langkah Terbaru dalam Penanganan Penyakit Jantung di Batam

Cardiovascular Summit 2023: Langkah Terbaru dalam Penanganan Penyakit Jantung di Batam

RSBP Batam bekerja sama dengan PERKI Cabang Batam mengadakan Workshop Cardiovascular Summit 2023 (dok bp batam)

Batam, Batamnews - Rumah Sakit Bedah Putri Batam (RSBP Batam) bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Cabang Batam dan Kepri menggelar Workshop dan Symposium dalam rangka Cardiovascular Summit 2023. 

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan penanganan penyakit jantung dengan lebih cepat dan tepat. Acara tersebut berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 22-23 September 2023, di RSBP Batam, Sekupang, dan dihadiri oleh para perawat dan dokter umum.

Dalam workshop ini, sejumlah narasumber berpengalaman menjadi pemateri, termasuk Ahli USG Jantung dari Rumah Sakit Jantung Harapan, DR. dr. Ario Soeryo Koencoro, SpJP (K), serta beberapa dokter spesialis jantung Batam.

Baca juga: E-Tilang Terpasang di Batu 7 Tanjungpinang, Pengendara Wajib Patuhi Aturan Lalu Lintas 

Plt. Direktur RSBP Batam sekaligus dokter spesialis jantung, dr. Afdhalun A. Hakim, menjelaskan bahwa workshop ini mencakup berbagai kegiatan, termasuk pemeriksaan USG Dasar Jantung untuk dokter umum yang bertugas di Unit Gawat Darurat (UGD), Intensive Care Unit (ICU), dan Elektro Kardio Grafi (EKG) atau rekam jantung.

"Workshop ini sangat penting bagi dokter umum yang bertugas di UGD dan ICU, terutama dalam pemeriksaan USG Jantung, sehingga pasien dapat menerima diagnosis yang lebih akurat dengan penanganan yang lebih cepat dan tepat," jelasnya.

Dr. Afdhalun juga menyoroti peran penting waktu dalam penanganan penyakit jantung, dengan istilah "Time is Muscle, Muscle is life." 

Baca juga: Angka Kemiskinan Ekstrem di Pekanbaru 3.500 Jiwa, Ini yang Dilakukan Pemko

Ia menjelaskan bahwa penggunaan waktu dengan baik dapat menyelamatkan otot jantung, yang pada gilirannya akan menyelamatkan kehidupan pasien. Oleh karena itu, penanganan penyakit jantung sangat tergantung pada kecepatan waktu, pemeriksaan, dan ketepatan penanganan pasien.

Cardiovascular Summit ini merupakan acara pertama kalinya di Batam dan menggantikan Batam Acut Cardiac Care (BACC), sebuah kegiatan tahunan persatuan dokter spesialis jantung.

Baca juga: Mengintip Progres Terkini Jalan Tol Padang Sicincin: Mendekati Penyelesaian

Ahli USG Jantung Rumah Sakit Jantung Harapan, DR. dr. Ario Soeryo Koencoro, berharap peserta kegiatan dapat mengikuti dengan baik, terutama para dokter di UGD dan ICU yang memiliki peran penting dalam pemeriksaan USG jantung untuk memastikan pasien mendapatkan penanganan yang sesuai. 

Setelah acara seremonial, workshop dilanjutkan dengan diskusi interaktif dan praktik bersama para peserta kegiatan


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews