Mengintip Progres Terkini Jalan Tol Padang Sicincin: Mendekati Penyelesaian

Mengintip Progres Terkini Jalan Tol Padang Sicincin: Mendekati Penyelesaian

Progres terbaru pengerjaan Jalan Tol Padang-Sicincin sudah mendekati penyelesaian (ilustrasi)

Padang, Batamnews - Pekerjaan pembangunan Jalan Tol Padang Sicincin terus berlangsung dengan cepat dan progresif. Proyek jalan tol ini merupakan bagian integral dari Jalan Tol Bukittinggi Padang dan Jalan Tol Trans Sumatra yang memiliki peran penting dalam meningkatkan konektivitas di wilayah Sumatra Barat.

Pembangunan jalan tol ini telah dimulai sejak tahun 2018, dan saat ini tengah memasuki tahap yang sangat menjanjikan. 

Salah satu inovasi yang mencolok dalam pembangunan ini adalah penggunaan metode Full Displacement Column (FDC) untuk perbaikan tanah lunak, yang memungkinkan proses tanpa perlu menunggu lama untuk konsolidasi tanah eksisting. Teknologi ini telah membantu mempercepat kemajuan proyek tanpa mengorbankan kualitas.

Baca juga: Pengamanan Ketat Jelang Aksi Demo Buruh di Batam: Polisi Pasang Barikade Kawat Berduri

Melalui pemantauan terbaru di lokasi proyek, seperti dilansir harianhaluan, Senin (25/9/2023), terlihat bahwa konstruksi jembatan tengah sedang berlangsung dengan baik. Pengerjaan jembatan penyeberangan dan pembangunan rabat beton dasar juga sedang aktif, menghasilkan kemajuan yang sangat menggembirakan.

Di sekitar STA 24+100, proses pengecoran rapat beton rigid pada underpass yang membentang di bekas Jalan Lingkar telah dimulai. Pengerjaan penimbunan juga mencapai tahap yang signifikan di wilayah ini.

Jalan Tol Padang Sicincin bukan hanya sebagai bagian dari Jalan Tol Padang Pekanbaru, tetapi juga sebagai elemen utama dalam Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungkan Sumatra Barat dengan Riau. 

Baca juga: Semen Padang FC Siap Bermain Menyerang dalam Duel Kontra PSPS Riau di Liga 2 Sore Ini

Rute ini melewati daerah penting seperti Lembah Anai, Padang Panjang, Ngarai Sianok di Bukittinggi, dan Payakumbuh.

Proyek ini juga mencakup pembangunan terowongan tol pertama di Indonesia dengan panjang mencapai 8,95 km yang berlokasi di daerah Payakumbuh. Terowongan ini akan mempersingkat perjalanan dan memberikan akses yang lebih baik antara wilayah-wilayah tersebut.

Pemerintah bertekad untuk meningkatkan konektivitas dan pertumbuhan ekonomi di Sumatra Barat dan Riau melalui proyek ini. Diharapkan pembangunan ini akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat lokal dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional secara keseluruhan.

Baca juga: Timnas Indonesia U-24 Menunggu Lawan di Babak 16 Besar Asian Games 2023, Uzbekistan atau Hongkong

Proyek Jalan Tol Padang Sicincin diharapkan selesai dalam beberapa bulan mendatang, yang akan menjadi tonggak bersejarah dalam pengembangan infrastruktur di Sumatra. Hal ini akan membuka pintu bagi konektivitas yang lebih baik antarwilayah di Sumatra dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews