Polres Karimun Tanam 1.150 Pohon di Kecamatan Buru Demi Lingkungan Hijau Berkelanjutan

Polres Karimun Tanam 1.150 Pohon di Kecamatan Buru Demi Lingkungan Hijau Berkelanjutan

Kapolres Karimun, AKBP Ryky W Muharam ikut menanam pohon di Kecamatan Buru (aha)

Karimun, Batamnews - Polres Karimun melaksanakan penanaman sebanyak 1.150 pohon di wilayah Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau pada Rabu (23/8/2023). Langkah ini merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan lingkungan hijau yang berkelanjutan dalam rangka program Polri Peduli Penghijauan.

Kapolres Karimun, AKBP Ryky W Muharam, menjelaskan bahwa penanaman 1.150 pohon ini bertujuan untuk menjaga keberlanjutan kehidupan hewan dan tumbuhan serta memelihara keseimbangan udara.

"Melalui keberadaan pohon, ketersediaan sumber makanan dapat terus terjaga. Mulai dari buah-buahan hingga berbagai jenis sayuran yang memiliki nilai nutrisi dan vitamin penting bagi manusia," ujar AKBP Ryky.

Baca juga: Skandal Caleg Aktif sebagai ASN: Partai Nasdem Masih Diam, Bawaslu dan KPU Lingga Bungkam

Inisiatif Polri Peduli Penghijauan ini merupakan bagian dari visi Kapolri yang menggarisbawahi pentingnya kontribusi Polri dalam melestarikan lingkungan dengan moto 'Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini'.

"Kegiatan ini harus dijaga dan dirawat untuk memastikan kelangsungan manfaatnya bagi banyak orang," tambah Kapolres.

Tidak hanya sebagai penyaring karbondioksida dan penyedia oksigen, pohon juga membantu mengurangi dampak efek rumah kaca yang memicu pemanasan global. Hal ini menjadi lebih penting karena lahan-lahan alami semakin terancam akibat pertumbuhan ekonomi dan populasi penduduk yang terus bertambah.

"Tujuan utama adalah untuk merawat lingkungan dan mencegah bencana alam. Penanaman pohon juga memiliki efek positif dalam mengatasi pemanasan global yang tengah terjadi, memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat dan ekosistem," ungkap Kapolres.

Baca juga: Unjuk Rasa Warga Rempang di Kantor BP Batam, Rudi Ungkap Perjanjian dengan PT MEG Sejak 2004

Dalam kegiatan ini, pohon-pohon buah yang memiliki manfaat ekonomi juga ditanam, termasuk pohon mangga, alpukat, kelengkeng, dan rambutan.

Penanaman pohon ini diharapkan dapat menjadi upaya nyata dalam menjaga keanekaragaman hayati, menjaga keseimbangan lingkungan, dan memitigasi perubahan iklim di wilayah Kecamatan Buru dan sekitarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews