Warga Kempas Meninggal Akibat Gigitan Anjing Rabies di Inhil Riau

Warga Kempas Meninggal Akibat Gigitan Anjing Rabies di Inhil Riau

Petugas kesehatan hewan memberikan vaksin kepada salah satu hewan peliharaan warga.

Inhil, Batamnews- Kejadian naas menimpa seorang warga Harapan Tani, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau. MN, begitu korban dikenal, meninggal dunia setelah digigit anjing yang diduga rabies.

Nyawa MN tidak bisa diselamatkan, walau sudah mendapatkan pertolongan pengobatan di Puskesmas Kempas. Bahkan, sempat dirujuk ke RSUD Puri Husada.

"Dari data yang kami terima, benar ada warga Inhil yang digigit hewan berupa anjing rabies meninggal dunia. Korban saat itu merasa hanya digigit biasa saja," jelas Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau, Herman melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan, drh Faralinda Sari, Ahad (23/7/2023).

Baca juga: Polisi Tangkap Sindikat Perdagangan Ginjal Internasional di Palembang

Dikatakan, korban awalnya membawa ke Puskesmas Kempas dan menilai hanya digigit Anjing biasa. Kondisi ini menyebabkan kesehatan korban memburuk.

"Kita sudah menurunkan tim ke Kecamatan Kempas sekarang ini. Sudah berangkat tim kita," sebut dia.

Tim nantinya akan melaksanakan kegiatan vaksin kepada hewan peliharaan warga. Kemudian, melakukan sosialisasi kepada warga pemilik hewan peliharaan.

"Untuk pemberian vaksin hewan peliharaan, dijadwalkan Senin (24/7/2023). Sosialisasi kita gencarkan, agar tidak ada lagi korban," pungkasnya.

Berdasarkan data Dinas PKH Riau, ada 5 kasus digigit anjing rabies ini. Hanya saja, 4 kasus lagi langsung diberikan vaksin, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews