Presiden Joko Widodo Memamerkan Kemeja Putih Buatan SMK Negeri Jambi di Bengkulu Tengah: Dukung Pendidikan Berbasis Keterampilan

Presiden Joko Widodo Memamerkan Kemeja Putih Buatan SMK Negeri Jambi di Bengkulu Tengah: Dukung Pendidikan Berbasis Keterampilan

Presiden RI Joko Widodo saat berada di Bengkulu

Bengkulu, Batamnews - Presiden Joko Widodo memamerkan kemeja putih yang diproduksi oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Jambi saat berkunjung ke Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, pada Kamis (20/07/2023). Kemeja tersebut dibuat oleh siswa SMK 4 Jambi, setelah dipesan oleh Presiden dua bulan sebelumnya.

"Saya pesan dua bulan yang lalu, baru jadi langsung saya pakai, bagus," ujar Presiden Joko Widodo di Bengkulu, Kamis, memberikan pujian atas kualitas kemeja yang diproduksi oleh para siswa SMK tersebut.

Baca juga : Kenaikan Tarif Pelabuhan Sri Bintan Pura Menuai Kritik Masyarakat: Ketua MTI Kepri Menyoroti Alasan dan Fasilitas yang Kurang Memadai

Presiden Jokowi juga menyatakan keyakinannya bahwa hasil produksi tangan-tangan pelajar SMK layak dan mampu bersaing di dunia industri, dengan catatan bahwa sektor-sektor yang mendukung siswa dalam proses belajar mengajar harus memadai.

"Nanti mungkin di sini (SMKN 2 Bengkulu Tengah) bisa saja membuat mobil, bisa membuat sepeda motor, kalau memang anak SMK kita arahkan agar skill-nya, keterampilannya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh industri maupun nanti wirausaha," kata Presiden Joko Widodo, menunjukkan dukungannya terhadap penerapan pendidikan berbasis keterampilan yang relevan dengan dunia industri.

Selanjutnya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya koneksi antara sekolah dan dunia industri, serta perlunya kecocokan antara apa yang dipelajari di sekolah dengan kebutuhan dunia industri.

"Karena apapun memang yang baik itu dikoneksikan antara sekolah dengan industri sehingga kebutuhannya bisa link and match," ucapnya.

Baca juga : CPNS 2023: Pemerintah Siap Buka Pendaftaran, Ketahui Formasi dan Jadwal Terbaru!

Presiden Joko Widodo berada di Provinsi Bengkulu untuk kunjungan kerja selama tiga hari, dari 19 Juli hingga 21 Juli 2023. Selama kunjungannya, Presiden menghadiri ajang Festival Tabut 2023 pada hari pertama di Bengkulu.

Hari kedua kunjungannya dimulai dengan mengunjungi SMKN 2 Bengkulu Tengah, di mana dia menunjukkan dukungannya terhadap pendidikan berbasis keterampilan dengan mengenakan kemeja hasil produksi siswa SMK. Setelah itu, Presiden Jokowi juga mengunjungi Puskesmas Desa Srikuncoro, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Dalam kunjungannya tersebut, Presiden didampingi oleh Ibu Iriana Jokowi, serta Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya pengembangan keterampilan siswa SMK dan penghubungan yang erat dengan dunia industri untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja bagi generasi muda Indonesia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews