CPNS 2023: Pemerintah Siap Buka Pendaftaran, Ketahui Formasi dan Jadwal Terbaru!

CPNS 2023: Pemerintah Siap Buka Pendaftaran, Ketahui Formasi dan Jadwal Terbaru!

Jakarta, Batamnews - September 2023 akan menjadi waktu yang dinanti-nanti oleh para pencari kerja yang ingin bergabung dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia. Pada bulan tersebut, pemerintah akan membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023. Namun, sebelum mendaftar, calon pelamar perlu mengetahui formasi apa saja yang dibutuhkan dalam rekruitmen CPNS tahun ini.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan-RB) telah menetapkan beberapa lowongan untuk rekrutmen CPNS 2023. Dalam artian, lowongan CPNS 2023 sangat terbatas dan hanya terbuka untuk beberapa jabatan tertentu. Keputusan ini diambil untuk mempertimbangkan ketersediaan anggaran dan jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan pensiun pada tahun ini.

Baca juga : Pemilih Millenial Kelahiran 81-96 Mendominasi Pemilih di Kepri pada Pemilu 2024 : Tantangan bagi Para Caleg

Fokus perekrutan pada rekrutmen CPNS 2023 lebih difokuskan pada bidang kejaksaan, kehakiman, intelijen, dosen, dan talenta digital. Selain itu, alokasi lowongan pada rekrutmen CPNS 2023 lebih difokuskan untuk tenaga kesehatan dan sektor pendidikan, baik itu untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) maupun CPNS.

Namun, hingga berita ini ditayangkan, belum ada informasi terbaru mengenai alokasi formasi CPNS 2023 terbaru. Surat edaran mengenai usulan formasi CPNS 2023 dan PPPK mungkin akan diperbaharui, tetapi belum ada kepastian terkait hal tersebut.

Menteri PANRB, Anas, menyampaikan bahwa pada 12 Juni 2023 lalu, pemerintah telah merencanakan untuk memulai pendaftaran CPNS 2023 pada bulan September 2023. Rencana ini telah disampaikan ke Kementerian Keuangan dan Presiden Joko Widodo. Total formasi CPNS 2023 dan PPPK yang direncanakan adalah sebanyak 1.030.751 orang, dengan 80 persen dari mereka akan menjadi PPPK dan sisanya menjadi CPNS, terutama yang berfokus pada talenta digital.

Baca juga : Investasi Bodong Modus Materai di Kantor Pos dengan Kerugian 3 Milyar Dihentikan dengan Restorative Justice di Tanjungpinang

Meski demikian, beredar kabar bahwa jadwal pendaftaran CPNS 2023 bisa terhambat karena dekatnya waktu pelaksanaan Pemilu 2024. Namun, Menpan RB menegaskan bahwa jadwal pembukaan CPNS 2023 dan PPPK tidak akan terganggu oleh proses pelaksanaan Pemilu yang mulai dilangsungkan pada November tahun ini. Pendaftaran akan tetap dilaksanakan pada bulan September mendatang.

Menpan RB juga mengungkapkan bahwa persiapan pembukaan CPNS 2023 dan PPPK telah mencapai 98 persen. Data telah dikonsolidasi dengan baik untuk menetapkan perencanaan terkait formasi yang akan dibuka. Kementerian telah membuat perencanaan untuk 5 hingga 10 tahun ke depan dengan mempertimbangkan sektor yang akan mengalami pertumbuhan negatif, pertumbuhan nol, dan sektor yang masih berkembang.

Dalam proses perencanaan rekrutmen ASN yang meliputi CPNS 2023 dan PPPK, ada dua prioritas yang ingin disegerakan, yaitu tenaga kesehatan dan tenaga pendidik. Kedua sektor atau formasi tersebut menjadi prioritas dalam rekrutmen ASN hingga lima atau sepuluh tahun mendatang mengingat peranannya yang begitu dekat dengan masyarakat.

Dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan, calon pelamar diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti pendaftaran CPNS 2023 pada bulan September mendatang dan berkontribusi dalam pelayanan publik di Indonesia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews