Jelajahi Surga Tersembunyi di Batam: Keindahan 8 Pulau yang Menakjubkan

Jelajahi Surga Tersembunyi di Batam: Keindahan 8 Pulau yang Menakjubkan

Gugusan pulau di sekitar Batam menyimpan pesona tersembunyi dan wajib dikunjungi. Ini salah satu pulau eksotis itu, Pulau Ranoh (internet)

Batam, Batamnews - Kota Batam terdiri dari gugusan pulau yang dipisahkan oleh lautan dengan panorama alamnya yang begitu menarik & menakjubkan, sehingga tidak heran jika gugusan pulau di area kota batam ini memiliki wisata bahari yang begitu menjanjikan. 

Tidak hanya lautnya yang jernih, hamparan pasir putih dengan beragam tekstur dan gradasi warna laut biru terhampar di beberapa pulau.

Jadi Batam tidak hanya wisata belanja, tapi anda juga bisa menemukan hiden gemsnya Batam. Deretan pulau-pulau kecil di sekitar Batam, terlalu menggoda untut dilewatkan.

Baca juga: Info Terbaru Jadwal dan Harga Tiket Kapal RoRo Punggur Batam - Sei Pakning Bengkalis

Berikut ini kami sajikan delapan pulau eksotis, sorga tersembunyi yang wajib Anda kunjungi saat berlibur di Batam yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Pulau Mubut: Nikmati Pesona Terumbu karang

Destinasi wisata pantai di selatan kota Batam, Pulau Mubut (Galang, Barelang) ini asik untuk dikunjungi saat berakhir pekan, berlibur di sebuah pulau dengan alam yang sangat indah. 

Selain pantainya yang berpasir putih bersih dan air lautnya yang jernih dengan pemandangan laut lepas yang eksotis menjadi daya tarik tersendiri dari pulau mubut.

Biasanya pengunjung datang di pagi hari, mereka menghabiskan waktu sampai sore di pulau ini sambil merasakan hembusan angin laut serta udara segar dengan pepohonan yang teduh dan menikmati pesona pasir putih yang asri & alami.

Baca juga: Bus MPM Terbalik di Panorama II Sitinjau Lauik, Kota Padang: Penumpang Mengalami Luka Berat

Akses menuju ke lokasi wisata Pantai Pulau Mubut, jika perjalanan di mulai dari pulau batam anda bisa menggunakan kendaraan pribadi melintasi jalan trans-barelang.

Setelah melewati jembatan 1,2,3,4 Barelang, terus saja nanti disebelah kiri jalan ada gapura Sembulang, masuk kearah gapura tersebut ikuti jalan aspal nanti di pertengahan jalan ketemu pertigaan pertama, lurus saja sampai ketemu pertigaan kedua baru belok ke kanan kurang lebih 50 meter ketemu tempat parkir wisata pulau mubut di pelabuhan Sembulang.

Berikutnya perjalanan dilanjutkan melalui jalur laut dari pelabuhan Sembulang (Galang, Batam) dengan menyebrang menggunakan kapal kecil/pompong, yang ditempuh 15 menit perjalanan dan biaya transportasi per/orang sebesar Rp. 25,000 sekali jalan.

Di sini ada cafe yang mengapung di atas air. Juga ada kedai, mushola, kamar mandi serta penyewaan gazebo & pondok penginapan.   

Pulau mubut memiliki dua buah pulau yang terpisah yaitu Pulau Mubut Darat & Pulau Mubut Laut.  Kedua buah pulau ini termasuk didalam wilayah kecamatan galang, kota batam di Provinsi kepulauan riau Indonesia.

Pulau mubut menawarkan keindahan menakjubkan. Setiap sisi pulau ini memiliki pemandangan alam yang berbeda-beda. 

Ada hal-hal yang tidak mungkin terlewatkan ketika berkunjung ke sebuah pantai.  Menikmati pemandangan yang membentang luar biasa indahnya, duduk santai merasakan hembusan angin laut yang sepoi-sepoi sambil mengabadikan momen dengan kamera.

Pulau mubut juga dikelilingi oleh terumbu karang kecil yang masih alami serta kekayaan biota laut yang menakjubkan.

Baca juga: Kronologi Penangkapan Menteri Perhubungan Iswaran dan Miliarder Ong Beng Seng oleh Lembaga Anti Korupsi Singapura, CPIB

2. Pulau Tunjuk: Menikmati Sunrise dari Pantai

Tempat wisata alam di Batam ini sangat pas sekali dijadikan lokasi melihat sunrise atau matahari terbit. Dari pasir putih dan air laut yang bersih, pulau ini memberikan pesona tersendiri yang sangat luar biasa. 

Pulau Tunjuk merupakan salah satu tujuan untuk berwisata pantai dan menikmati indahnya matahari terbit di Batam, pulau ini terletak di sebelah tenggara pulau Batam. 

Untuk mencapai pulau Tunjuk kita harus berkendara ke telaga Punggur atau ke pulau Tonton dan masuk ke pelabuhan rakyat disana.

Untuk ke pulau Tunjuk kita harus mencarter pancung(kendaraan berupa kapal kayu yang di gerakkan oleh satu buah mesin) dengan biaya normalnya Rp 600.000.  

Tidak hanya itu, pasir putih dan air laut yang bersih, sehingga pulau ini memberikan pesona tersendiri yang sangat luar biasa. Bagi yang ingin merasakan kehangatan alam, bisa menggunakan tenda untuk kemping sambil menikmati suasana pantai. 
 
Keindahan yang ditawarkan pulau ini tidak kalah dengan dengan pulau-pulau lain di Batam yang lebih dulu populer.

Tidak hanya keindahan laut Pulau Tunjuk. Di pulau ini juga ada sebuah menara yang bisa digunakan untuk melihat sekitar Pulau Tunjuk. Ini tentu jadi spot menarik bagi para traveller.  

Baca juga: Momen Langka Gubernur Ansar Ahmad Bertemu Wali Kota Muhammad Rudi

3. Pulau Abang: Surga Snorkeling dan Diving

Pulau Abang yang terletak di bagian selatan kota Batam terkenal dengan spot snorkelingnya yang memukau. Di pulau ini, Anda dapat menemukan beberapa spot diving yang indah, yang telah terkenal hingga ke luar negeri.

Namun, jika Anda tertarik untuk melakukan snorkeling atau diving, kami sarankan untuk menggunakan jasa operator snorkeling dan diving profesional yang menyediakan paket lengkap, mulai dari transportasi, pemandu, perlengkapan snorkeling, hingga dokumentasi.

Baca juga: Batam Membutuhkan Ribuan Tenaga Welder dan Fitter untuk Industri Galangan Kapal

4. Pulau Dedap: Keindahan Bawah Laut dan Pantai yang Alami

Pulau Dedap merupakan salah satu spot snorkeling dan diving paling terkenal dan direkomendasikan di Batam. Terletak setelah Pulau Abang, pulau ini dapat dicapai dalam waktu sekitar 10 menit dengan speed boat atau pompong.

Selain keindahan bawah laut yang menarik untuk dinikmati, Pulau Dedap juga memiliki pantai yang alami dengan pasir putih yang lembut. Di pulau ini terdapat satu pantai yang merupakan milik salah satu warga Pulau Abang, yang dikenal dengan nama Pantai Dedap.

Selain wisata snorkeling dan pantai, Pulau Dedap juga merupakan destinasi yang cocok untuk camping. Pulau ini memiliki area pantai yang luas, bersih, dan teduh, dilengkapi dengan toilet dan kamar mandi yang bersih, sumber listrik, lampu, meja dan kursi makan, serta gazebo di beberapa tempat. 

Baca juga: Jadwal Kapal dan Harga Tiket Pelabuhan Punggur Batam ke Tanjungpinang

5. Pulau Ranoh: Resort Tropis yang Mengagumkan

Pulau Ranoh telah menjadi primadona sejak dibuka kembali pada awal tahun 2018 dengan fasilitas ala resort yang menakjubkan. Pulau ini merupakan salah satu dari 7 pulau di Batam yang wajib Anda kunjungi.

Salah satu wahana yang menarik di Pulau Ranoh adalah Fat Boy, wahana baru yang diperkenalkan pada akhir tahun 2018.

Untuk mengunjungi Pulau Ranoh diperlukan paket wisata yang dapat Anda dapatkan melalui agen perjalanan seperti Enjoy Batam yang bekerja sama dengan Galang Bahari. Sebelum memasuki pelabuhan, Anda perlu mendapatkan kode booking melalui agen perjalanan.

Baca juga: Tim Penyidik KPK Mendapat Halangan Saat Penggeledahan Kasus Andhi Pramono di Batam

6. Pulau Pengalap: Keindahan dan Fasilitas Resort yang Luas

Pulau Pengalap awalnya merupakan pulau tak berpenghuni, namun dalam beberapa tahun terakhir telah mendapatkan investasi. Mirip dengan Pulau Ranoh, Pulau Pengalap memiliki luas yang lebih besar. Pulau ini terletak tepat di samping Pulau Dedap.

Salah satu pantai yang telah dikembangkan di Pulau Pengalap adalah pantai utara yang kini dikenal sebagai Kepri Coral. Di Kepri Coral, Anda dapat menemukan berbagai fasilitas pendukung ala resort, seperti Restoran Apung yang mengapung di atas laut, kolam renang, Dome Village (tempat menginap), kolam renang, water sport, dan Kelong Fishing House.

Kepri Coral diperkenalkan kepada masyarakat pada tanggal 19 Januari 2019 sebagai trip perdana. Paket wisatanya bervariasi, mulai dari one day trip, menginap di Dome Village di pantai, atau menginap di Kelong Fishing House di tengah laut sambil memancing.

Yang menarik, terdapat juga akuarium bawah air layaknya Sea World yang berada di bawah Restoran Apung. Jika Anda tertarik mengunjungi Kepri Coral, Anda dapat melihat informasi paket wisata di bawah ini.

Baca juga: Driver Online dan Pangkalan Taksi Batam Sepakati Titik Jemput di Pelabuhan Telagapunggur

7. Pulau Petong: Snorkeling dan Diving di Perairan Barelang

Masih berada di perairan sekitar Barelang, Pulau Petong merupakan salah satu pulau yang direkomendasikan untuk wisata snorkeling dan diving. Terdapat dua pelabuhan yang dapat digunakan untuk menuju Pulau Petong, yaitu di Jembatan 5 Barelang dan di Pelabuhan PT Pari setelah Jembatan 6 Barelang.

Pilihan pelabuhan tergantung pada operator tur yang Anda pilih. Jika Anda menggunakan operator tur Enjoy Batam atau Galang Bahari, keberangkatan akan dilakukan dari Pelabuhan PT Pari. Sementara itu, operator tur lain seperti Reefs Adventure memulai perjalanan lautnya dari pelabuhan di Jembatan 5 Barelang.

Perjalanan laut menuju Pulau Petong memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam. Meskipun sedikit lebih jauh daripada Pulau Abang dan Pulau Dedap, lokasi Pulau Petong yang berdekatan dengan perairan lepas tidak selalu menawarkan pemandangan bawah laut yang optimal. Saat angin bertiup dari arah utara, air dapat keruh dan arus menjadi cukup kuat dan dalam.

Oleh karena itu, waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Petong adalah antara bulan Maret hingga November. Bulan terbaik direkomendasikan antara bulan April hingga Oktober.

Baca juga: Pencurian dengan Kekerasan di Bintan Timur: Empat Pelaku Curas Ditangkap Saat Berada di Pelabuhan Roro 

8. Pulau Putri: Pesona Keindahan Alam dan Pantai yang Memikat

Pulau Putri adalah sebuah pulau yang menawarkan pesona keindahan alam dan pantai yang memikat di sekitar Batam. Terletak di bagian barat laut Batam, pulau ini dapat dicapai dengan perjalanan laut yang memakan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota Batam.

Pulau Putri memiliki pantai-pantai yang menakjubkan dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati kegiatan renang, berjemur di pantai, atau bahkan berjalan-jalan di sepanjang garis pantai yang indah.

Selain itu, Pulau Putri juga menawarkan kegiatan wisata lainnya seperti snorkeling, diving, dan menyelam. Terumbu karang yang berwarna-warni dan kehidupan bawah laut yang kaya menjadikan Pulau Putri sebagai tempat yang ideal untuk mengeksplorasi keindahan laut.

Jika Anda ingin menghabiskan waktu lebih lama di Pulau Putri, tersedia juga penginapan berupa resort yang menawarkan fasilitas lengkap dan pemandangan yang menakjubkan. Anda dapat menikmati kehidupan pulau yang tenang dan menikmati panorama matahari terbenam yang memukau.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews