Program Pendidikan Gratis Pemprov Riau: Anak Kurang Mampu Bisa Sekolah di Swasta Tanpa Biaya di Riau

Program Pendidikan Gratis Pemprov Riau: Anak Kurang Mampu Bisa Sekolah di Swasta Tanpa Biaya di Riau

Gubernur Riau Syamsuar mencanangkan program pendidikan gratis bagi siswa kurang mampu ke SMA Swasta di Riau (ist)

Pekanbaru, Batamnews - Pemerintah Provinsi Riau telah mengumumkan program bantuan penuh bagi anak-anak miskin dan kurang mampu yang bersekolah di SMA/SMK Swasta.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol, mengungkapkan hal tersebut setelah mendampingi Gubernur Riau Syamsuar dalam pertemuan dengan kepala sekolah SMA/SMK negeri dan swasta pada Senin (3/7/2023).

"Alhamdulillah, tadi pak Gubernur telah menyetujui program ini. Kami memberikan bantuan penuh kepada anak-anak miskin dan kurang mampu, termasuk penyediaan seragam," ungkap Kamsol saat diwawancarai.

Baca juga: Kapolresta Barelang Kena Prank Anggota TNI saat Ulang Tahun

"Bantuan ini diberikan kepada anak-anak miskin dan kurang mampu yang bersekolah di swasta," tambahnya.

Bantuan ini akan diberikan berdasarkan catatan dan persyaratan tertentu, seperti menjadi penerima Program Keluarga Harapan (PKH), memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan tidak mendapat tempat di sekolah negeri atau melalui Jalur Afirmasi yang terbatas.

"Kami akan mencari sekolah swasta yang dekat dengan rumah mereka dan mereka dapat masuk ke sana. Biaya pendidikan akan ditanggung oleh pemerintah, dan sekolah tidak boleh memungut biaya lagi, bahkan seragam akan disediakan," jelasnya.

Baca juga: Kampung Keren Bintan: Inovasi Kerupuk IKM Meraih Finalis Top 99 KIPP dan Menembus Pasar Mancanegara

Kamsol berharap upaya pemerintah provinsi Riau dalam menyediakan bantuan pendidikan ini dapat didukung dalam sosialisasi kepada masyarakat.

"Kami harap bantuan ini dapat disampaikan kepada masyarakat, bahwa anak-anak kurang mampu dapat bersekolah di sekolah swasta tanpa biaya, dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah," harapnya.

"Pemerintah provinsi juga akan memberikan bantuan seragam kepada siswa baru," tambahnya


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews