Kampung Keren Bintan: Inovasi Kerupuk IKM Meraih Finalis Top 99 KIPP dan Menembus Pasar Mancanegara

Kampung Keren Bintan: Inovasi Kerupuk IKM Meraih Finalis Top 99 KIPP dan Menembus Pasar Mancanegara

Bupati Bintan Roby Kurniawan Ansar saat mengikuti persentasi

Bintan, Batamnews - Pemerintah Kabupaten Bintan berhasil masuk sebagai salah satu finalis Top 99 dari 3.110 proposal inovasi dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. 

Bintan mempresentasikan inovasi terbarunya, yaitu Sentra Kampung Kerupuk Modern (Kampung Keren) yang telah menarik perhatian di tingkat internasional. Kampung Keren terletak di Kelurahan Sei Lekop, Kecamatan Bintan Pesisir.

Baca juga : 50 Pengurus Koperasi di Bintan Dilatih Dasar Managemen Resiko Koperasi

Sebagai salah satu nominasi finalis, Bupati Bintan Roby Kurniawan turut berpartisipasi dalam sesi presentasi dan tanya jawab bersama Panelis Tim Penilai Independen yang ditunjuk oleh Kemenpan-RB. Dalam presentasinya, Bupati Roby dengan bangga memaparkan perkembangan Kampung Kerupuk Modern yang telah direvitalisasi dan berkembang pesat hingga saat ini.

"Semua ini bermula dari potensi geografis Bintan yang kaya akan hasil laut, yang kemudian kami gabungkan dengan semangat pengolahan kerupuk ikan oleh industri kecil menengah (IKM). Kami melakukan perbaikan secara menyeluruh dalam hal produksi, kualitas, daya saing, dan pemasaran," ujar Roby saat memulai presentasinya melalui zoom meeting pada Senin (03/07).

Pada tahun 2014, sekelompok ibu-ibu yang berasal dari keluarga kurang mampu memulai usaha dalam skala kecil (KUBE). Inovasi yang mereka lakukan telah mendorong pertumbuhan IKM kerupuk sehingga saat ini mereka mampu meraih omset miliaran rupiah setiap tahunnya. Hal ini telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan taraf hidup dan perekonomian masyarakat.

Bupati Roby juga menyampaikan bahwa produk kerupuk yang dihasilkan telah diekspor ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Melalui pembinaan yang dilakukan di Kampung Keren, mutu produksi telah ditingkatkan, dan saat ini seluruh produk telah memenuhi standar Good Manufacturing Production (GMP).

Menjawab pertanyaan dari Tim Panel mengenai perkembangan yang dicapai, Bupati Roby menjelaskan bahwa revitalisasi Kampung Keren telah berhasil meningkatkan produksi hingga mencapai 130 ton dari 43 IKM. Bahkan, jumlah pekerja yang terserap juga meningkat menjadi lebih dari 100 orang.

Baca juga : Berbekal Pengalaman Sebelumnya, Haris Daulay Pastikan Pemilu di Bintan Berjalan Lancar

Inovasi Kampung Keren yang mendapatkan pujian dari Tim Panel Independen ini akan dinilai lebih lanjut dalam perjalanan menuju Top 45 dan kategori terbaik. Bupati Roby optimis bahwa pengembangan-pengembangan yang akan dilakukan di masa depan akan mampu meningkatkan produktivitas dan daya saing Sentra Kampung Kerupuk Modern.

Dengan prestasi ini, Pemerintah Kabupaten Bintan berharap dapat terus mendukung dan memperluas inovasi-inovasi dalam pelayanan publik yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat setempat dan menjadi contoh inspiratif bagi daerah lain di Indonesia.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews