Bertemu Kemendagri, Gubri Diminta Pertahankan dan Lestarikan Bahasa Daerah

Bertemu Kemendagri, Gubri Diminta Pertahankan dan Lestarikan Bahasa Daerah

Gubernur Riau Syamsuar sebut Kemendagri meminta Pemprov Riau pertahankan dan lestarikan bahasa daerah (ist)

Rohul, Batamnews - Pemerintah Provinsi Riau, bersama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan daerah lainnya, sepakat untuk mempertahankan dan melestarikan bahasa daerah.

Pernyataan ini disampaikan oleh Gubernur Riau, Syamsuar, dalam acara Haul Allah Yarham Syekh Ma'sum Tambusai yang ke-62 di Dusun Surau Suluk Tariqat Naqsabandiyah, Kuala Tambusai, Desa Sungai Kumango, Kecamatan Tambusai, Rokan Hulu (Rohul), pada Jumat (30/6/2023).

Baca juga: Kelangkaan Air Mengancam Petani Sabak Auh di Siak, Gubernur Riau Bergerak Cepat

Selama acara tersebut, Gubernur Riau juga mengajak masyarakat Rokan Hulu dan daerah-daerah lain di Provinsi Riau untuk mempertahankan bahasa daerah mereka.

"Banyak bahasa daerah di Indonesia yang mulai menghadapi kepunahan. Kami telah berdiskusi dengan Kemendagri, bahwa setiap daerah harus berusaha mempertahankan dan melestarikan bahasa daerah," ujar beliau.

Baca juga: Marak Balap Liar di Pekanbaru, Dishub dan Polresta Lakukan Razia Besar-besaran

Gubernur Riau menambahkan bahwa pemerintah Indonesia berkomitmen untuk menjaga bahasa daerah dan tetap melestarikannya, termasuk di Provinsi Riau. Untuk itu, langkah-langkah telah diambil, seperti mengintegrasikan kurikulum bahasa daerah di sekolah-sekolah.

"Kami telah melaksanakan langkah tersebut. Salah satunya adalah memasukkan kurikulum bahasa daerah ke dalam sistem pendidikan di sekolah-sekolah," jelasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews