Gubernur Sumbar Apresiasi Capaian Riau di Era Gubernur Syamsuar

Gubernur Sumbar Apresiasi Capaian Riau di Era Gubernur Syamsuar

Gubernur Sumbar Mahyeldi apresiasi kemajuan pembangunan Riau di era Gubernur Syamsuar (ist)

Padang, Batamnews - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, memberikan apresiasi terhadap kepemimpinan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar selama hampir 4 tahun terakhir di Bumi Melayu Lancang Kuning.

Menurut Mahyeldi, banyak kemajuan dan pencapaian yang terjadi selama kepemimpinan Gubri Syamsuar.

"Alhamdulillah, banyak kemajuan yang telah dicapai. Salah satunya adalah pertumbuhan ekonomi Riau yang termasuk tinggi di Indonesia," ujar Mahyeldi setelah menerima kunjungan Gubri Syamsuar dan rombongan di kediaman Gubernur Sumatera Barat, di Kota Padang, pada malam Minggu (18/06/2023).

Baca juga: Gubernur Riau Syamsuar Raih Penghargaan Pejabat Publik Terpopuler 2023 dari Partai Golkar

Mahyeldi juga menyebutkan bahwa investasi di Riau telah berkembang pesat, menjadikannya salah satu tujuan investasi utama di Indonesia.

"Target investasi di Riau setiap tahun meningkat secara signifikan. Pada tahun 2022, targetnya sekitar Rp60 triliun, dan tahun 2023 meningkat drastis menjadi Rp100 triliun," tambahnya.

Menurut Mahyeldi, investasi yang besar ini akan memberikan efek berlipat ganda bagi kemajuan masyarakat.

Baca juga: Gubernur Riau Teken MoU Bidang Pendidikan dengan Dua Kampus Ternama di Yogyakarta

Selain itu, Mahyeldi juga menekankan bahwa hubungan antara Riau dan Sumatera Barat akan semakin bersinergi di masa depan.

Dengan adanya pembangunan infrastruktur jalan tol yang sedang gencar dilakukan oleh pemerintah, mobilitas orang dan barang antara Riau dan Sumatera Barat akan semakin dekat dan lancar.

Ketika tol Pekanbaru-Padang selesai dibangun, waktu tempuh dari Pekanbaru ke Padang diperkirakan hanya sekitar 5 atau 4 jam. Hal ini akan memudahkan perjalanan orang dari Riau ke Sumatera Barat dan sebaliknya.

Baca juga: Gubernur Riau Syamsuar Borong Enam Kategori Anugerah Adinata Syari'ah 2023

Dalam kesempatan tersebut, Mahyeldi juga menyebutkan kontribusi para perantau Minangkabau bagi daerah asal mereka.

Pada tahun lalu, para perantau Minangkabau berhasil membawa pulang uang sebesar Rp3 triliun ke daerah Minangkabau. Hal ini memberikan dampak ekonomi yang baik bagi Sumatera Barat.

Sementara itu, Gubri Syamsuar menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang baik antara Riau dan Sumatera Barat selama ini.

"Riau banyak dibantu oleh Sumatera Barat, terutama dalam hal tanaman pangan seperti beras," ujar Syamsuar.

Baca juga: Cuaca Pekanbaru Hari Ini: Cerah Berawan hingga Hujan Ringan Malam Hari

Ekonomi Riau sangat bergantung pada perkebunan kelapa sawit. Ketika harga sawit tinggi, maka ekonomi masyarakat Riau juga semakin baik.

Dengan adanya peningkatan ekonomi masyarakat Riau, dapat diharapkan akan ada peningkatan jumlah orang Riau yang melakukan perjalanan wisata ke Sumatera Barat.

"Jadi, orang Riau juga berkontribusi besar terhadap perekonomian Sumatera Barat," tambah Syamsuar. (Adv)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews