Kelangkaan Air Mengancam Petani Sabak Auh di Siak, Gubernur Riau Bergerak Cepat

Kelangkaan Air Mengancam Petani Sabak Auh di Siak, Gubernur Riau Bergerak Cepat

Dialog antara petani dan Gubernur Riau, Syamsuar, setelah panen raya padi di Kampung Sungai Tengah pada Senin (26/6/2023).

Siak, Batamnews - Petani di Desa Kampung Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak, Riau, mengeluhkan kurangnya pasokan air, terutama selama musim kemarau. Sehingga membuat sawah-sawah mereka kekeringan.

Keluhan ini terungkap saat dialog antara petani dan Gubernur Riau, Syamsuar, setelah panen raya padi di Kampung Sungai Tengah pada Senin (26/6/2023).

"Permasalahan utama kami disini cuma tiga huruf pak Gubernur, yakni air, " ujar Kademo, Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mekar Jaya Sabak Auh.

Baca juga: Cen Sui Lan Dorong Ponpes di Kepri Lengkapi Legalitas agar Terima Bantuan dari APBN

Menurut Kademo, petani saat ini menggunakan pompa diesel yang menggunakan bahan bakar solar untuk memenuhi kebutuhan air. Namun, mereka menghadapi kesulitan dalam mendapatkan pasokan bahan bakar solar di Sabak Auh, dan biayanya pun lebih tinggi. Oleh karena itu, mereka mengusulkan agar ada aliran listrik dari PLN.

"Kami bersama Kepala Desa dan Camat telah mengusulkan untuk aliran listrik di daerah sini, karena kalau listrik kostnya lebih kecil hasilnya lebih maksimal, kami mohon dengan bapak untuk mengatasi masalah ini," ujarnya.

Bahkan, Kademo menyebut bahwa mereka telah menetapkan 6 titik untuk pemasangan tiang listrik.

Mendengar keluhan para petani, Gubernur Syamsuar langsung menghubungi Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral, Eva Refita, untuk segera berkoordinasi dengan PLN guna menyelesaikan masalah ketersediaan listrik di Kampung Sungai Tengah.

Baca juga: Temui Kepala Bapanas RI, Gubernur Ansar Bawa Pulang Cold Storage untuk di Tanjungpinang-Karimun

"Tadi saya sudah perintahkan Kadis saya bu Eva, untuk berkoordinasi dengan PLN, saya kalau untuk petani merasa betul, dan cepat saya tanggapi," ujar Syamsuar.

Ia yakin bahwa masalah ini segera akan teratasi, terutama karena komitmen manajer PLN tahun ini adalah membawa listrik ke seluruh dusun.

"Air di sini berasal dari Sungai Siak, jadi jika ada pasokan listrik nanti, prosesnya akan menjadi lebih mudah," lanjut Bupati Siak yang telah menjabat dua periode ini.

Panen raya padi di Kampung Sungai, Kecamatan Sabak Auh, turut dihadiri oleh Ketua PKK Provinsi Riau, Hj. Misnarni Syamsuar, Wakil Bupati Siak, Husni Mirza, dan Ketua DPRD Siak, Indra Gunawan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews