Gubri Syamsuar Orasi Ilmiah Dihadapan Ribuan Wisudawan dan Orang Tua di UNP Sumbar

Gubri Syamsuar Orasi Ilmiah Dihadapan Ribuan Wisudawan dan Orang Tua di UNP Sumbar

Gubernur Riau Syamsuar sampaikan orasi ilmiah dalam wisuda UNP Padang (ist)

Pekanbaru, Batamnews - Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar sampaikan orasi ilmiah di hadapan ribuan mahasiswa, para orang tua dan berbagai undangan pada acara wisudawan ke 131 di Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat. 

Acara yang digelar di auditorium UNP jalan Prof Dr Hamka Kecamatan Air Tawar Kota Padang tersebut dihadiri Rektor UNP Prof Genetri PhD beserta jajaran civitas kampus. 

Diantara orasi ilmiah tersebut, Syamsuar banyak berbicara perihal pembangunan sumber daya manusia melalui berbagai program pendidikan. Diantaranya kerja sama dalam bidang pendidikan berbagai perguruan tinggi termasuk UNP Sumbar. 

Baca juga: Gubernur Sumbar Apresiasi Capaian Riau di Era Gubernur Syamsuar

"Pemerintah Provinsi Riau konsen meningkatkan kualitas pendidikan dengan bekerja sama berbagai perguruan tinggi di Indonesia mau luar negeri," kata Gubri Syamsuar, Senin (19/6/23). 

Selain itu, Pemprov Riau terus memberi perhatian pemberian bantuan pendidikan, beasiswa berprestasi, membangun berbagai fasilitas pendukung sekolah-sekolah. Kemudian itu konsen membangun sumber daya manusia  para guru melalui peningkatan kompetensi melalui jenjang pendidikan.

Dipaparkan Syamsuar, Pemprov Riau sudah  memgalokasikan bantuan pendidikan sosial pada tahun 2022 untuk 868 orang. Kemudian pada 2021 sebanyak 2.526 orang.  Sedangkan pada 2020 sebanyak 1.422 orang.

Baca juga: Pesan Gubernur Syamsuar Minta Masyarakat Riau Jaga Ketenangan Jelang Pemilu 2024

Selain itu, Pemprov Riau juga mengalokasikan anggaran untuk beasiswa bidignasi pada 2022 untuk 1.741 orang.  Kemudian pada 2021 dialokasikan untuk 1677 orang . Sedangkan pada 2020, dialokasikan untuk 1.286. Sementara pada tahun 2019 untuk 448 orang.

Pemprov Riau juga memberikan beasiswa berptestasi untuk dalam daerah, pada 2022 sebanyak 3001 orang. Pada 2021 sebanyak 2.765 orang. Sementara untuk luar negeri Pemprov Riau pada 2022 menggarkan 
 2022 untuk 556 orang. Kemudian pada 2022 sebanyak 523 orang. 

Baca juga: Gubernur Syamsuar Raih 3 Penghargaan dari KPK atas Program Pemberantasan Korupsi

Masih dikesempatan yang sama, Syamsuar juga membeberkan Riau termasuk lima diantara lima provinsi yang ditunjuk pemerintah pusat dalam program menara vokasi. Dimana dimaksudkan agar dapat menggaungkan link and match pendidikan dengan DUD. 

"Riau menjadi daerah pertama yang menerbitkan kebijakan vokasi di daerah dengan terbitnya Peraturan Gubernur Riau (Pergubri) nomor 6 tahun 2022. Penguatan pendidikan dan vokasi melalui kemitraan dengan industri," ulas Gubri

Sementara Rektor Prof Genetri PhD menyampaikan wisuda ke 131 UNP tahun ini, sebanyak 91 mahasiswa berasal dari Riau. Jumlah ini tidak hanya diwisuda sebagai strata satu (S1). Tetapi juga ada diploma, strata dua (S2) termasuk diantaranya satu orang strata tiga (S3). 

Baca juga: Gubernur Riau Syamsuar Raih Penghargaan Pejabat Publik Terpopuler 2023 dari Partai Golkar

Banyaknya mahasiswa berasal dari berbagai provinsi lain termasuk Riau membuktikan UNP menjadi salah satu tujuan pendidikan jenjang tinggi. 

Kesempatan ini, Rektor juga menyatakan apresiasinya atas kehadiran Gubri Syamsuar yang sudah memberikan orasi ilmiahnya. Hal ini tentunya memberikan kebanggaan dan kehormatan bagi UNP. 

Syamsuar juga disebut selalu memberikan dukungan kepada UNP. Salah satunya ketika Rektor ke Pekanbaru mengukuhkan DPD Ikatan Alumni UNP Periode 2023-2027 Gubri Syamsuar, turut hadir.

Baca juga: Gubernur Riau Teken MoU Bidang Pendidikan dengan Dua Kampus Ternama di Yogyakarta

Kesempatan yang digelar di Aula Gubernuran Jalan Diponegoro Kota Pekanbaru, Kamis (9/3/23) lalu itu, Rektor dan Gubri menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dalam bidang Penelitian, pengabdian masyarakat, dan pendidikan vokasi. 

Salah satu tujuan dari MoU itu,  memberikan bantuan pengembangan kompetisi guru dan tenaga kependidikan di Provinsi Riau.(Adv)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews